Inilah 7 Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Manfaat keju bagi kesehatan - Seperti yang dilansir wikipedia, keju merupakan makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat - zat padat dalam susu melalui proses pengentalan (Koagulasi). Proses koagulasi ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennel. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses dan di awetkan dengan berbagai macam cara. 

Keju dikenal hampir di seluruh dunia, namun diduga pertama kali dikenal didaerah timur tengah. Meskipun tidak dapat dipastikan kapan keju pertama kali ditemukan, Tetapi menurut legenda, makanan ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari arab.

Karena dibuat menggunakan bahan dasar susu, keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, mineral, vitamin, kalsium dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tapi sayangnya keju sering dianggap sebagai makanan menggemukan yang harus dihindari. Sebab keju disebut - sebut makanan yang tinggi lemak dan kalori. 

Manfaat keju bagi kesehatan

Lalu, apa saja manfaat keju bagi kesehatan? Berikut dibawah ini adalah beberapa diantaranya :

1. Dapat menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh
Mengonsumsi keju merupakan cara tepat dan sehat bagi anda yang ingin meningkatkan berat badan.  Hal ini dikarenakan keju mengandung beberapa lemak sehat selain protein, kalsium, mineral dan vitamin yang membantu menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh

2. Menyehatkan gigi
Keju banyak mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan gigi. Tidak hanya itu, selain bisa menyehatkan gigi keju juga dapat mencegah gigi berlubang yang disebabkan oleh plak dan asam yang diproduksi didalam mulut.

3. Dapat menguatkan tulang
Kandungan kalsium pada keju selain bisa menyehatkan gigi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang anda. Tetapi keju juga mengandung vitamin B yang membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Karena itulah, sangat disarankan bagi anak - anak, ibu hamil, ibu menyusui maupun lansia untuk mengonsumsi makanan ini.  Sebab dengan mengonsumsi keju maka bisa membantu mencegah osteoporosis dan menguatkan tulang.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Manfaat keju bagi kesehatan yang lainnya adalah bisa meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikarenakan keju mengandung trypthopan, yaitu asam amino yang bermanfaat menurunkan kadar stres anda dan membuat tidur anda anda menjadi nyenyak. Mengonsumsi sedikit keju dapat membantu menginduksi tidur dan mengobati insomnia anda. Sehingga tidur anda pun berkualitas.

5. Menurunkan berat badan
Keju ternyata juga bisa menurunkan berat badan lho? hal ini dikarenakan kandungan protein dalam keju sangat tinggi sehingga mampu membuat anda kenyang lebih lama dan membantu penyerapak karbohidrat dalam makanan anda. Tidak hanya menurunkan berat badan saja, makanan ini juga membantu untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah serta bisa meningkatkan suasana hati anda.

6. Dapat menyehatkan kulit
keju juga diketahui mengandung vitamin B dan seng yang bermanfaat untuk menjadikan kulit anda sehat, halus dan bercahaya. Hal ini dikarenakan vitamin B dapat merangsang pertumbuhan sel kulit  yang membuat kulit anda menjadi segar.

7. Mencegah kanker
Manfaat keju bagi kesehatan yang terakhir adalah bisa mencegah kanker. Kandungan asam linoleat sphingolipids di dalam keju bermanfaat untuk mencegah munculnya kanker. Selain itu, kandungan vitamin B-nya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah 7 manfaat keju bagi kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau juga dengan mencampurkannya pada makanan lain seperti roti ataupun yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus