5 Penyebab Umum Penyakit Kanker

Penyebab umum penyakit kanker - Kanker adalah suatu penyakit yang masih ditakuti oleh semua orang. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali, bahkan datangnya pun tidak bisa di duga - duga. Sampai saat ini, penanganan untuk penyakit ini masih kurang memadai. Karena itulah, statistik menunjukkan bahwa jumlah penderita penyakit ini semakin meningkat dengan jumlah angka kematian yang meningkat pula.

Sebenarnya apa penyebab seseorang bisa terserang kanker? Banyak faktor yang bisa menjadi pemicu seseorang terserang kanker salah satunya mungkin adalah gaya hidup yang tidak sehat. Apa hanya tiu saja? tentu saja tidak, masih banyak penyebab lainnya. Dibawah ini adalah 5 penyebab umum penyakit kanker seperti yang dilansir Boldsky.com :

Penyebab umum penyakit kanker

1. Paparan sinar matahari
Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini bahwa paparan sinar matahari bsa menjadi pemicu umum penyakit kanker terutama kanker kulit. Banyak orang yang tidak melindungi kulit mereka dari sinar matahari terkena kanker kulit.

2. Merokok
Peringatan bagi anda terutama yang gemar merokok, ternyata rokok bisa menyebabkan kanker, terutama kanker paru - paru. Jadi tidak heran sekarang ini pada kemasan rokok tercantum bahaya yang ditimbulkan oleh rokok tersebut. Tetapi anehnya, seorang perokok aktif berdalih bahwa siapa saja bisa terserang penyakit kanker paru - paru, bakhan mereka yang tidak merokok sekalipun. Anda jangan menyepelekannya, sebab sebuah statistik menunjukkan bahwa satu dari empat kasus kematian kanker disebabkan karena kebiasaan merokok. Kandungan racun pada rokok bisa menyebabkan kanker paru - paru, tenggorokan dan kanker mulut.

3. Faktor genetik
Jika ada seseorang dari keluarga anda yang mempunyai riwayat pernah terkena kanker terutama kanker payudara, anda perlu mewaspadainya. Sebab bisa saja penyakit itu suatu saat akan menyerang anda. Jika anda mengalami atau merasakan indikasi - indikasi yang mencurigakan pada tubuh anda, segeralah memeriksakannya ke dokter, siapa tahu itu adalah gejala kanker yang mulai menyerang anda.

4. Usia
Semakin tua seseorang semakin tinggi pula resikonya terserang kanker. Sebuah fakta menunjukkan bahwa, 75  persen kasus kanker baru terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun. Salah satu teori menyebutkan bahwa, semakin tua seseorang, pertahanan tubuh terhadap sel kanker semakin menurun.

5. Karsinogen
Kebiasaan merokok yang sering anda lakukan bisa menjadi salah satu kebiasaan yang membuat zat karsinogen masuk kedalam tubuh anda. Zat karsinogen bisa berupa zat kimia beracun seperti benzene, dioxin, asbestos, vinyl chlorida dan yang lainnya. beberapa virus seperti HPV juga bisa menjadi salah satukarsinogen alami yang bisa menyebabkan kanker serviks.

Itulah 5 penyebab umum penyakit kanker yang perlu anda ketahui. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Penyakit kanker biasanya disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, usahakanlah anda membuang jauh kebiasaan hidup yang tidak sehat tersebut sehingga anda bisa terhindar dari penyakit kanker.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus