Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus

Tips dan cara mudah menjaga kesehatan usus - Usus adalah salah satu bagian penting dari sistem pencernaan kita yang harus dijaga kesehatannya. Apalagi setiap hari jika kita makan, usus selalu dilewati oleh makanan yang kita telan. Dan itu bisa berpotensi menimbulkan penyakit terutama jika makanan yang anda konsumsi banyak mengandung minyak, lemak dan zat pengawet lainnya. Penyakit yang beresiko muncul karena mengonsumsi makanan tersebut  biasanya adalah penyakit kanker usus.

Tips dan cara mudah menjaga kesehatan usus

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan usus kita agar selau bersih dan sehat? Tentu saja dengan mengurangi makanan - makanan yang banyak mengandung minyak, lemak dan zat pengawet lainnya. Apa hanya itu saja? Tentu saja tidak, berikut dibawah ini adalah tips dan cara mudah menjaga kesehatan usus anda :

1. Kurangi mengonsumsi gula
Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa bisa meningkatkan produksi asam lambung serta mendorong empedu untuk bekerja lebih keras. Selain itu, gula juga mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus. Nah, Jika ingin usus anda sehat, kurangilah mengonsumsi gula.

2. Konsumsi makanan yang masih segar
Makanan yang segar dan minim bahan pengawet berperan besar dalam menjaga kesehatan usus anda. Karena itulah, pastikan bahwa menu makanan yang akan konsumsi adalah makanan segar yang tinggi akan serat.

3. Makan dalam porsi kecil
Perlu diingat, janganlah anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus karena bisa membuat usus anda bekerja lebik ekstra. Hal itu bisa menyebabkan kinerja usus bisa terganggu. Lebih baik jika anda mengonsumsi makanan dalam posrsi yang kecil dan sering jika anda masih merasa lapar atau kurang. Jangan lupa perbanyak juga minum air putih untuk menjaga sirkulasi makanan anda tetap lancar.

4. Hindari stres
Stres ternyata bisa mempengaruhi kesehatan usus anda. Hal ini terbukti berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal kesehatan gut. Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa stres bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatif. Sistem inilah yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus anda.

5. Konsumsi makanan berbakteri probiotik
Anda mungkin bertanya - tanya mengapa harus mengonsumsi makanan yang justru mengandung bakteri? Justru itu, bakteri probiotik ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi bakteri baik dalam usus. Bakteri ini sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus anda.

Itulah tips dan cara mudah menjaga kesehatan usus anda. Saran saya, agar usus anda tetap selalu sehat dan bersih, ada baiknya anda mengurangi bahkan menghindari makanan yang banyak mengandung minyak, lemak serta bahan pengawet lainnya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A