3 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan - Dulu sewaktu masih duduk di sekolah dasar, setiap hari senin semua siswanya diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera. Lamanya pun hampir satu jam lebih, apalagi ditengah panasnya matahari pagi yang semakin meninggi. Biasanya banyak siswa yang mengeluh akan hal ini khususnya siswa perempuan. Sang pembina upacara yang mengetahui hal ini pernah ada yang menyeletuk bahwa sinar matahari itu banyak manfaatnya bagi kesehatan. Mau tidak mau akhirnya semua siswa tetap bersabar sampai upacara selesai.

Semua diatas hanya sebagai basa - basi saja? Nah, yang menjadi pertanyaan apakah benar sinar matahari itu memang bermanfaat untuk kesehatan? Lalu apa saja manfaatnya? Inilah yang perlu anda ketahui.

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Memang benar bahkan banyak dokter yang mengatakan bahwa sinar matahari itu sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi orang yang suka berolahraga. Salah satu manfaat yang dapat dan langsung kita peroleh dari sinar matahri adalah membuat tubuh menjadi lebih segar karena tubuh secara langsung diberikan asupan vitamin D dari sinar matahari.

Lalu, apa hanya itu saja manfaat sinar matahari bagi kesehatan? Tentu saja tidak, sinar matahari masih memiliki banyak manfaat yang lainnya. Seperti berikut dibawah ini sebagaimana dikutip oleh medical daily :

1. Menurunkan tekanan darah
Manfaat sinar matahari yang bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah dapat turun jika kulit secara langsung terkena paparan sinar UV matahari. Hal ini dikarenakan didalam sinar matahri terkandung senyawa oksida nitrit yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan hal ini sudah terbukti kebenarannya melalui sebuah penelitian yang dilakukan olaeh para pakar dari universitas edinburgh.

2. Mencegah kanker kulit jenis melanoma
Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, ternyata sinar matahari juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker kulit. Sinar matahari seperti yang diketahui selain mengandung UVA juga mengandung UVB. Sinar UVB inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena semakin sering kita terkena  paparan sinar UVB semakin kecil pula resiko terkena serangan kanker kulit melanoma.

3. Membuat suasana hati lebih tenang
Jika dipikir sangat aneh memang bagaimana bisa sinar matahari bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang? Mengkin anda juga berpikiran seperti itu, tetapi jangan salah tubuh yang terkena paparan sinar UV matahari secara langsung dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Hormon inilah yang memberi efek positif sehingga anda dapat terhindar dari serangan depresi, cemas, sedih serta masalah yang berhubungan dengan hati lainnya.

Itulah 3 manfaat sinar matahari bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus