6 Makanan Yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Makanan yang bisa merusak kesehatan gigi - Gigi merupakan salah satu sarana penting untuk membantu penampilan anda. Memiliki gigi yang sehat, putih dan bersih tentu akan membuat anda menjadi lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Karena itulah, penting bagi anda untuk selalu merawat kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi.

Makanan yang bisa merusak kesehatan gigi

Untuk memperoleh gigi yang sehat, perhatikan pula makanan yang anda konsusmsi. Sebab ada beberapa jenis makanan yang yang berpotensi merusak kesehatan serta keindahan gigi anda. Salah satunya adalah beberapa makanan yang disebutkan dibawah ini :
 
1. Minuman bersoda
Jika anda penggemar minuman bersoda, kini saatnya bagi anda untuk mengurangi mengonsumsinya. Minuman bersoda tinggi gula jika dikonsumsi secara sering bisa berakibat buruk pada gigi anda. Selain tinggi gula, minuman bersoda juga juga mengandung fosfat dan sitrat yang bisa mengikis enamel gigi anda.

2. Permen
Permen dipercaya sebagai makanan yang terbukti bisa merusak gigi. Kadar gulanya yang tinggi bisa menempel keras pada gigi anda. Gulanya yang menempel pada gigi bisa meninggalkan plak yang berpotensi membuat gigi menjadi berlubang.

3. Buah kering
Buah - buahan yang kering yang mengandung gula tinggi dan lengket seperti kismis, plum dan aprikot juga bisa merusak gigi anda. Setelah anda mengonsumsinya, usahakan untuk membersihkan gigi anda secara benar sebab jika tidak, maka gula bisa merusak enamel dan membuat gigi anda berlubang.

4. Makanan asam
Makan makanan yang asam seperti lemon dan jeruk juga bisa merusak gigi anda. Hal ini dikarenakan kandungan asam didalamnya dapat merusak enamel gigi. Segeralah berkumur atau menyikat gigi untuk menghilangkan asam setelah mengonsumsi buah ini.

5. Alkohol
Alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan, komposisi asam anggur yang ada didalamnya bisa melarutkan enamel yang membuat gigi anda keropos. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan penyakit gusi dan kenker mulut.

6. Makanan bertepung
Makanan yang banyak mengandung dan berbahan tepung seperti roti, pizza, pastajuga bisa merusak kesehatan gigi anda. Hal ini dikarenakan zat tepung bisa berubah menjadi gula ketika masuk kedalam mulut. Sedangkan gula yang menempel bisa merusak enamel dan membuat gigi berlubang.

Itulah 6 makanan yang bisa merusak kesehatan gigi anda. Sebenarnya mengonsumsi semua makanan diatas boleh - boleh saja asal tidak berlebihan sebab bisa merusak kesehatan gigi anda. Jangan lupa juga untuk segera menyikat gigi anda setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Baca tips seputar kesehatan gigi lainnya dibawah ini :

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus