5 Jenis Makanan yang Dapat Merusak Gigi

Jenis Makanan yang Dapat Merusak Gigi - Memiliki gigi yang sehat, putih dan bersih adalah impian setiap orang. Apalagi hal itu akan menunjang mereka dalam penampilan. Jadi tidak heran apabila banyak orang merawat gigi mereka, dengan menyikatnya sesering mungkin. Memang hal itu bagus dilakukan, tetapi akan lebih baik kalau menyikat gigi dilakukan setelah habis makan dan sebelum tidur saja.

Lalu, Penahkah anda mengalami gigi berlubang? Apa yang menyebabkan itu bisa terjadi? Kontributor utama penyebab gigi menjadi rusak dan berlubang adalah makanan dan minuman yang berkalori tinggi. Bakteri yang dihasilkan oleh makanan dan minuman tersebut kemudian tinggal didalam rongga mulut lalu menghasilkan asam yang setahap demi setahap mengikis enamel gigi.

Jenis Makanan yang Dapat Merusak Gigi
image oleh google
Bukan hanya makanan dan minuman yang berkalori tinggi saja yang dapat menyebabkan gigi rusak dan berlubang, Tetapi beberapa makanan sehat dibawah ini bisa juga menjadi pemicu kerusakan pada gigi anda.

1. Kacang almond
Jenis makanan pertama yang dapat merusak gigi adalah kacang almond. Memang kacang jenis ini tinggi akan vitamin E dan kaya akan lemak sehat. Sayangnya, mereka diciptakan mengandung formula yang dapat merusak gigi dan dapat membuat gigi menjadi rapuh karena teksturnya yang cukup keras.

2. Kopi
Minuman yang sangat digemari oleh semua kalangan ini meskipun kaya akan kandungan antioksidannya, ternyata juga punya warna pekat yang bisa menempel serta meninggalkan plak pada gigi. Plak ini akan membuat warna gigi berubah dan sulit sekali dihilangkan dengan pasta gigi saja.

3. Acar
Jenis makanan selanjutnya yang dapat merusak gigi adalah acar. Pada dasarnya, segala jenis makanan yang dijadikan acar sebenarnya rendah kandungan kalorinya. tetapi kandungan asamnya sangat tinggi karena adanya cuka didalamnya. Nah, kandungan asam inilah yang dapat mengurangi mineralisasi gigi.

4. Buah jeruk
Buah jeruk ternyata dapat merusak gigi lho? Anda pasti bertanya - tanya kok bisa merusak gigi seperti itu padahal kandungan vitamin C-nya sangat penting untuk menjaga kesehatan kolagen pada gusi. Itu bisa terjadi apabila anda mengonsumsinya terlalu berlebihan bisa membuat gusi menjadi bengkak. Semua itu disebabkan karena kandugan asam dalam jeruk mengikis email dan tingkat erosifnya sama seperti minuman yang mengandung soda.

5. Buah kering
Jenis makanan terakhir yang dapat merusak gigi adalah segala jenis buah yang dikeringkan. Hal ini disebabkan karena buah yang kering semua kandungan airnya sudah tersedot keluar, sehingga konsentrasi gulanya cukup pekat dan menjadi mudah menempel pada gigi.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat merusak gigi meskipun ternyata kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan. Hindarilah mengonsumsinya secara berlebihan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi