Beragam Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Cepat dan Mudah

Cara memerahkan bibir - Memiliki bibir yang merah merona adalah impian semua orang, terutama wanita. Dengan memiliki bibir seperti itu, tentu akan membuat penampilan mereka terlihat makin seksi dan menarik. Apalagi jika dipadani dengan penggunaan lipstick yang tepat, akan menambah kesan menarik dan bisa menjadi pusat perhatian para pria.

Untuk memerahkan bibir, umumnya banyak wanita melakukan perawatan mahal, misalnya dengan sulam bibir. Padahal perawatan seperti itu terkadang menimbulkan efek samping yang justru bisa merugikan kesehatan mereka. Tidak jarang pula, mereka sering gonta - ganti pewarna bibir. Memang bisa membuah merah bibir, tapi hanya akan bersifat sementara. Bahkan bila penggunaannya tidak cocok dengan kulit bibir, juga beresiko memberi efek samping juga.

cara memerahkan bibir secara alami

Ketika wanita ingin memerahkan bibir dan sudah melakukan beragam cara, terkadang idak membuahkan hasil. Bukan mendapati bibir yang merah, malah bibir mereka menjadi lebih hitam. Mereka tidak menyadari bahwa hal itu terjadi karena kebiasaan yang mereka lakukan, seperti kebiasaan merokok, sering terkena pancara sinar matahari, sering minum kafein bahkan karena kebiasaan mereka menggigit bibir. Karena faktor inilah, tidak jarang mereka merasa putus asa karena bibir merah yang diimpikan tidak mereka dapatkan. Ujung - ujungnya, usaha mereka pun untuk memerahkan bibir kandas di tengah jalan.

Nah, jika anda mempunyai masalah dengan warna bibir yang hitam, coba lakukan beberapa tips memerahkan bibir berikut ini :

1. Menggosok bibir
Untuk medapatkan bibir merah alami cobalah dengan membuang kulit bibir yang terkelupas. Lakukan secara perlahan, sebab tidak jarang ketika mengelupas kulit bibir terkadang bisa menimbulkan luka. Caranya dengan mengoleskan setetes gula atau madu pada bibir, kemudian gosok perlahan. Setelah selesai menggosok, sekalah hingga kering. Setelah itu, oleskanlah lip balm pada bibir.

2. Jangan merokok
Merokok merupakan salah satu penyebab bibir menjadi hitam. Nah, jika anda menginginkan bibir merah merona, anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Kulit perokok akan lebih cepat keriput daripada mereka yang tidak merokok. Dengan merokok, kolagen akan lebih mudah hilang dan sel kulit lebih mudah rusak. Perubahan warna pada bibir juga bisa terjadi pada para perokok atau pemakai produk tembakau lainnya.

3. Perbanyak minum air putih
Salah satu cara untuk menghidrasi tubuh dan kulit anda adalah dengan memperbanyak minum air putih. Dengan melakukan ini, kulit bibir anda tidak akan kering dan terjaga kelembabannya. Hindari juga minum alkohol dan kafein berlebihan, karena bisa membuat kering. Hindari juga makanan dengan garam berlebih karena bisa membuat bibir menjadi kering.
 
4. Lindungi bibir dari paparan sinar matahari   
Sama halnya dengan kulit yang bisa mengalami penuaan jika sering terkena sinar matahari, begit juga dengan bibir anda. Salah satu efeknys jika bibir anda sering terkena paparan sinar matahari adalah munculnya bintik - bintik hitam di bibir. Untuk menghindari hal ini, gunakanlah pelindung bibir atau lip balm. Agar perlindungan yang didapat maksimal, gunakanlah lip balm yang berfungsi sebagai tabir surya dengan minimal kandungan SPF 15.

5. Jaga kelembaban bibir agar tidak pecah - pecah
Ketika bibir anda tidak terjaga kelembabanya, maka bisa berakibat pada kulit bibir yang pecah - pecah. Bahkan pada kondisi yang parah bisa memicu bibir kering dan bersisik. Untuk menghindari hal ini, tentu saja anda harus menjaga bibir anda tetap lembab. Jika diperlukan, gunakanlah bahan-bahan lain seperti minyak kelapa dan minyak almond agar bibir lembap sepanjang hari.

Jika anda menerapkan beberapa tips memerahkan bibir diatas, resiko bibir hitam bisa anda hindari. Tips diatas sangat mudah untuk anda lakukan, bukan? Tidak ada alasan untuk tidak melakukannya jika anda memang menginginkan bibir yang merah merona. 

Akan tetapi, jika anda sudah melakukannya dan bibir anda juga masih hitam dan tidak mengalami perubahan apapun. Coba gunakan beberapa bahan alami berikut untuk memerahkan bibir.

Cara memerahkan bibir dengan bahan alami

1.  Alpukat
Salah satu buah dengan daging buah creamy di dalamnya ini sangat nikmat jika dikonsumsi dengan di blender menjadikannya jus. Tapi dibalik rasanya yang enak tersebut, alpukat ternyata juga bisa anda gunakan untuk memerahkan bibir secara alami. Caranya sangatlah mudah, siapkan irisan buah alpukat secukupnya dan haluskan hingga lembut, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun kedalamnya. Setelah itu bahan ini siap digunakan untuk dioleskan pada bibir anda disertai dengan pemijatan secara halus. Jika dirasa sudah cukup, biarkan sejanak, selanjutnya adalah membilasnya dengan air hangat.

2. Minyak almond
Minyak almond bisa juga anda gunakan untuk memerahkan bibir lho! Sekarang ini, untuk mendapatkannya sangatlah mudah karena sduah banyak dijual di supermarket. Untuk mengaplikasikannya pun sangat mudah, cukup dengan mengoleskannya pada area bibir. Ini juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban bibir sehingga tidak mudah kering.

3. Madu
Sejak dulu, madu sudah dikenal dengan beragam manfaat baik untuk kecantikan atau kesehatan karena bermacam kandungan nutrisi di dalamnya. Dan salah satunya adalah untuk memerahkan bibir secara alami. Caranya sangatlah mudah, ambil sedikit madu murni, kemudian mengoleskannya pada bibir secara merata. Ini akan terasa efektif jika penggunaannya menjelang tidur dimalam hari. Anda bisa melakukan hal ini 1-2 kali dalam sehari. 

4. Jeruk Nipis
Cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis juga terbilang mudah. Langkah pertama, siapkan perasan air jeruk nipis sebanyak 2-3 sendok makan, lalu campurkan sedikit air hangat kedalamnya. Kemudian oleskan pada bibir anda secara menyeluruh dan diamkan hingga 15 menit lamanya. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini 2 - 3 kali dalam sehari.

5. Air mawar
Rendam air mawar selama 15 sampai 20 menit, lalu gunakan rendaman air tersebut sebagai bahan olesan pada bibir anda. Diamkan hingga beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat.

6. Jeruk dan buah delima
Kandungan vitamin C dalam buah jeruk mampu mencerahkan bibir yang gelap dan tampak lebih berisi. Sedangkan buah delima (Red Pomegranate) mengandung Anthocyanin yang mampu mengubah warna bibir anda menjadi cerah dan merah secara permanen. Caranya : Blender 2-3 iris jeruk dan campurkan beberapa bauah delima. Setelah menjadi jus, tuang ke wadah lalu bekukan dalam lemari es. Setelah menjadi es batu, gosok lembut di bibir anda selama 2 menit. Lakukan hal ini setiap pagi.

7. Minyak zaitun
Bahan alami untuk memerahkan bibir yang terakhir adalah minyak zaitun. Minyak zaitun berfungsi sebagai scrubing yang berfungsi untuk meremajakan sel pada bibir. Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban bibir anda.

Demikianlah beragam cara memerahkan bibir secara alami, cepat dan mudah yang bisa anda lakukan.  Dengan menggunakan bahan alami, anda tentu tidak perlu merasa khawatir karena tidak ada efek samping dan bahaya yang ditimbulkannya. Selamat mencoba.

Referensi : alodokter.com

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi