8 Obat Tradisional Yang Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Ketika radang tenggorokan menyerang, biasanya akan ditandai dengan rasa sakit saat menelan sesuatu. Kebanyakan orang menganggap rasa sakit tersebut adalah hal yang sepele, tetapi jika dibiarkan bisa berakibat fatal.

Hal pertama yang mungkin akan anda lakukan ketika mengetahui bahwa sakit pada tenggorokan tersebut merupakan radang, adalah dengan mengonsumsi obat - obatan atau segera memeriksakannya ke dokter. Tindakan seperti itu sangat bagus memang, tetapi alangkah baiknya jika terlebih dahulu anda memanfaatkan pengobatan herbal dengan bahan - bahan yang mudah ditemukan.

radang tenggorokan

Berikut dibawah ini adalah 8 obat tradisional yang ampuh atasi radang tenggorokan :

1. Daun kemangi
Selain bisa digunakan sebagai lalapan, daun kemangi juga bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu merebus daun kemangi kemudian air rebusannya anda minum. Jika anda tidak ingin meminumnya, anda cukup menggunakan air rebusan tersebut sebagai air kumur. Hal ini akan membuat sakit tenggorokan anda membaik.

2. Mengonsumsi sup
Mengonsumsi sup ayam yang masih hangat dengan sedikit rasa asam bisa meringankan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Selain itu sup ini juga memastikan anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

3. Teh jahe
Jahe memang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Saat radang tenggorokan, anda bisa membuat teh jahe dengan cara dimemarkan kemudia rebus selama 2 menit. Teh jahe ini bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal yang terjadi pada tenggorokan anda.

4. Madu dan lemon
Campuran madu dan lemon dengan segelas air hangat dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Caranya cukup dengan menggunakan segelas air hangat, kemudian campurkan satu sendok makan lemon dan satu sendok makan madu, lalu minum.Tetapi jika tidak ada lemon, anda bisa menggunakan satu sendok makan madu dengan tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami.

5. Makan bawang putih
Senyawa alicin yang terkandung dalam bawang putih merupakan senyawa yang bisa membunuh bakteri termasuk bakteri penyebab radang tenggorokan.

6. Teh chamomile
Segelas teh chamomile hangat jika dikonsumsi secara rutin juga bisa menurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Jika perlu, anda bisa menambahkan sedikit madu untuk memberi rasa manis pada teh tersebut.

7. Minum jus buah belimbing
Sifat anti radang pada buah belimbing juga bisa untuk mengobati radang tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau menjadikannya jus belimbing terlebih dahulu, kemudian diminum.

8. Berkumur dengan campuran kunyit, air dan garam
Berkumur dengan campuran ketiga bahan yang mudah di dapatkan ini juga bisa mengatasi sakit radang tenggorokan yang anda derita. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh garam, sejumput kunyit dan segelas ml air hangat. Berkumurlah dengan campuran tiga bahan ini hingga beberapa hari. 
Baca juga :
Saat anda sedang menderita radang, disarankan juga untuk memperbanyak mengonsumsi air putih. Jika anda merokok, cobalah untuk menjauhi kebiasaan buruk ini sampai radang tenggorokan anda sembuh. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus