Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan suatu penyakit yang sangat di hindari semua orang. Sebab, ketika seseorang terserang radang tenggorokan, makan apapun akan terasa jadi kurang nikmat. Bahkan untuk menelan makanan pun akan merasa kesulitan, belum lagi dengan terbatasnya jenis makanan yang boleh dikonsumsi agar penyakit radang tenggorokan ini lekas sembuh. Sangat tidak mengenakkan bukan? 

radang tenggorokan

Saat anda terserang radang tenggorokan, ada baiknya menghindari beberapa makanan yang jika dikonsumsi justru akan memperparah radang tenggorokan yang anda derita. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi saat sedang radang tenggorokan :

1. Makanan yang pedas
Meskipun anda penggemar makanan - makanan pedas, tetapi saat radang tenggorokan sebaiknya anda berhenti dulu mengonsumsinya. Memang banyak yang beranggapan bahwa makanan pedas mampu menyingkirkan rasa gatal akibat radang tenggorokan, Tetapi faktanya makanan pedas malah justru bisa memperburuk rasa sakit pada tenggorokan anda.

2.minuman berkafein
Mengonsumsi minuman berkafein bisa membuat tenggorokan menjadi lebih gatal dan sakit. Saat sedang menderita radang tenggorokan, sebaiknya anda mengganti minuman ini dengan teh jahe herbal, minuman seperti ini bisa menghangatkan serta membuat teggorokan lebih nyaman. Rasa gatal pada tenggorokan pun bisa berkurang.

3. Makanan asam
Makanan yang sebaiknya dihindari ketika radang tenggorokan selanjutnya adalah makanan asam. Makanan - makanan asam seperti jeruk jus lemon ataupun yang lainnya bisa memicu gatal pada tenggorokan anda. 

4. Minuman beralkohol
Minuman yang mengandung alkohol juga bisa memperparah radang tenggorokan yang anda derita. Karena itulah, demi kesehatan anda dan jauh dari rasa sakit tenggorokan, sebaiknya anda menghindari minuman yang mengandung alkohol.

5. Makanan kering
Ketika sedang radang tenggorokan, akan membuat anda merasa sakit ketika menelan makanan. Apalagi makanan - makanan kering seperti kacang, gorengan serta yang lainnya lebih sulit ditelan saat radang. Ada baiknya anda mengganti makanan tersebut dengan jenis yang bertekstur lembut dan mudah ditelan seperti puding.

6. Produk susu
Susu ternyata juga bisa memperburuk rasa sakit pada tenggorokan. Hal ini dikarenakan susu bisa menyebabkan peningkatan produksi lendir dalam tubuh, yang memicu rasa gatal pada tenggorokan.


Itulah 6 makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi ketika radang tenggorokan. Mengonsumsi semua makanan yang disebutkan diatas justru akan memperparag radang yang anda derita. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi