Makanan Dan Minuman Yang Boleh Dikonsumsi ketika Radang Tenggorokan

Pernahkah anda mengalami radang tenggorokan? Apa yang anda rasakan? Seseorang yang sedang mengalami radang tenggorokan biasanya merasa sakit pada tenggorokannya ketika menelan sesuatu. Tentu hal ini akan sangat mengganggu selera makan anda.

Radang tenggorokan atau dalam bahasa latinnya dikenal sebagai Faringitis biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri yang bernama streptococcus. Biasanya seseorang yang terserang gejala radang tenggorokan juga merupakan pertanda akan terkena penyakit flu atau pilek.

Ketika seseorang terkena radang tenggorokan, makan apapun akan terasa jadi kurang nikmat. Belum lagi dengan terbatasnya jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi agar penyakit radang tenggorokan ini lekas sembuh. Sangat tidak mengenakkan bukan?

Makanan Dan Minuman Yang Boleh Dikonsumsi ketika Radang Tenggorokan

Lalu, jenis makanan dan minuman apa yang boleh kita konsumsi ketika sedang terserang radang tenggorokan? Memang tidak banyak, tapi setidaknya ada beberapa yang boleh dikonsumsi seperti yang akan saya sebutkan dibawah ini :

1. Madu hangat atau teh jahe
Saat terkena radang tenggorokan, biasanya akan terasa gatal dan iritasi. Untuk mengobatinya anda dapat minum teh jahe atau madu hangat. Madu akan melapisi dinding tenggorokan dan mencegah terjadiya infeksi.

2. Sup ayam
Makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi ketika radang tenggorokan menyerang adalah sup ayam. Seperti yang kita ketahui, sup ayam sangat kaya akan gizi karena bahan yang digunakan sangat banyak seperti wortel, bawang bombay, seledri, ubi, dan bawang putih terbukti dapat membantu proses penyembuhan sakit radang tenggorokan. Selain itu kandungan anti radang pada sup ayam juga bisa menyembuhkan bengkak dengan membatasi jumlah virus yang menyerang membran mukus.

Buah pisang juga dibolehkan untuk dikonsumsi ketika sedang radang tenggorokan, karena buah ini teksturnya lembut dan tidak asam. Selain mudah ditelan dan tidak melukai tenggorokan saat dikonsumsi, buah pisang juga kaya akan vitamin B6, vitamin c dan kalium.

4. Campuran perasan jeruk nipis dan madu
Makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi ketika radang tenggorokan selanjutnya adalah campuran perasan jeruk nipis dan madu. ini merupakan salah satu alternatif yang baik untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Ketika radang sudah berkurang, tenggorokan anda akan terasa jauh lebih enak. Selain itu, campuran dua bahan ini juga bisa meredakan tenggorokan yang terasa terbakar.

Itulah beberapa makanan yang boleh dikonsumsi saat radang tenggorokan. Jika ingin cepat sembuh, disarankan untuk membatasi makanan yang anda konsumsi terutama makanan yang pedas, berlemak dan berminyak. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi