Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Minggu, 28 Desember 2014

5 Bumbu Dapur Yang Ampuh Cegah Kanker

Ketika sedang memasak, tentu anda tidak akan pernah lepas dari penggunaan bumbu - bumbu dapur seperti kunyit, jahe, merica, lada maupun bumbu yang lainnya. Bahan - bahan semacam itu memang bisa memberi aroma dan rasa yang khas pada masakan. 

Tapi tahukah anda, dibalik fungsinya sebagai bumbu dapur, ternyata bahan - bahan tersebut ada yang memiliki manfaat bagi kesehatan terutama untuk mencegah kanker. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa bumbu dapur yang ampuh untuk mencegah kanker :

bumbu dapur yang ampuh cegah kanker

1. Jahe
Siapa yang tidak mengenal jahe? Salah satu rempah - rempah yang banyak ditemukan di indonesia terkenal dengan manfaatnya yang bisa menghangatkan badan. Tapi tahukah anda, jahe ternyata juga bisa menjadi obat untuk menyembuhkan serta perisai untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan di dalam jahe terdapat ginerol dan zingerone yang bisa berperan sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang sangat baik untuk mencegah pembentukan tumor dan sel kanker.

2. Kayu manis
Selama ini kayu manis hanya digunakan sebagai rempah atau bumbu dapur saja. Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat yang terkandung di dalamnya. Menjadikan kayu manis sebagai seduhan minuman bisa memprlancar peredaran darah anda. Kandungan hangat di dalamnya pun mampu menghancurkan kemampuan berkembangnya bakteri (H. Pylori) yang bisa menyebabkan kanker usus. Bahkan mengonsumsi satu sendok teh bubuk kayu manis setiap harinya bisa mengurangi resiko kanker.

3. Lada hitam
Salah satu bumbu dapur ini mengandung banyak piperin, yaitu bahan kimia aktif yang bisa berperan sebagai antioksidan kuat yanmg mampu menghambat sel kanker payudara berkembang. 

4. Kunyit
Kandungan kurkumin pada bumbu dapur yang satu ini berfungsi sebagai antioksidan yang yang dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Tidak hanya itu saja, kurkumin dalam kunyit ini juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertmbuhan kanker terutama kanker usus, kanker payudara dan kanker kulit.

5. Daun mint
Daun mint memang tidak digunakan sebagai bumbu dapur, daun ini hanya sebagai pelengka masakan saja. Tapi bagusnya, daun yang mempunyai bau dan rasa khas yang satu ini juga ampuh untuk mencegah kanker. Kandungan fitonutrien di dalamnya bisa mencegah dan melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh, termasuk mencegah perkemabangan sel kanker. Tapi sayangnya, daun mint ini masih belum banyak di tanam di indonesia.

Itulah 4 bumbu dapur yang ampuh cegah kanker. Setelah mengetahui manfaatnya, cobalah untuk selalu menggunakan semua bahan tersebut dalam masakan anda. Anda akan merasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat.
5 Bumbu Dapur Yang Ampuh Cegah Kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri