6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat jahe bagi kesehatan - Jahe atau dalam nama biologinya dikenal sebagai zingiber officinale, menurut wikipedia adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang sangat populer yang bisa digunakan sebagai rempah - rempah juga sebagai bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang yang mengembung di ruas - ruas tengah.

Tanaman jahe ini cenderung memiliki rasa yang dominan pedas dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang bernama zingeron. Jahe ini sering digunakan oleh ibu - ibu sebagai bahan pelengkap pada masakan yang mereka buat. 

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

 Jahe cukup populer dikalangan masyarakat indonesia, bahkan di negara lain pun sudah banyak yang menggunakan jahe sebagai bahan obat - obatan. 

Pada umumnya, kebanyakan orang menggunakan jahe hanya sebagai minuman untuk menghangatkan badan mereka. Tetapi bukan itu saja, ternyata jahe memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan kita. Apa saja manfaatnya? berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan :

Anda ingin menurunkan berat badan anda tanpa mengonsumsi obat - obatan kimia dan melakukan diet ketat? Gampang saja, anda cukup minum seduhan air jahe hangat setiap harinya. Jahe seperti yang diketahui berfungsi untuk  melebarkan pembuluh darah yang dapat membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu juga, jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan beratbadan kita.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat jahe bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan jahe memiliki kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah dan dapat merangsang pelepasan hormon andrenalin. Sirkulasi darah akan lebih cepat sehingga apat menurunkan tekanan darah tinggi anda.

3. Sebagai obat jerawat
Ini nich yang belum banyak diketahui banyak orang, jahe ternyata dapat digunakan sebagai obat jerawat. Aneh memang, tetapi sebuah penelitian di Universitas maryland medical center menyatakan bahwa untuk mencegah timbulnya jerawat disarankan untuk mengonsumsi jahe maksimal sebanyak 4 gram setiap harinya. Janganlah mengonsumsinya berlebihan karena bisa menyebabkan efek sampinf seperti iritasi, mules dan diare.

4. Mencegah perut buncit
Manfaat jahe bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mencegah perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan saluran pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh sehingga dapat meratakan perut yang buncit.

5. Mencegah terjadinya penggumpalan darah
Jahe juga diketahui mengandung senyawa yang dikenal bernama gingerol. Senyawa ini merupakan salah satu senyawa yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah karena dapat merubahnya menjadi antikoagulan.

6. Dapat membuat tubuh perkasa
Manfaat jahe bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat membuat tubuh perkasa. Jahe mempunyai kandungan senyawa yang bersifat inklamasi. Ini sangat efektif sekali untuk membangun otot pada bagian tubuh kita. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe secara teratur dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan oleh latihan fisik yang berlebihan.

Itulah 6 manfaat jahe bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus