Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Jumat, 15 April 2016

Beragam Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan

Manfaat minum teh - Siapa yang tidak suka minum teh? Semua orang pasti menyukai minuman yang satu ini. Teh, bisa menjadi sajian tepat untuk waktu bersantai anda. Ketika anda menonton tv, membaca buku atau bersantai bersama keluarga akan terasa kurang lengkap jika belum ditemani minuman ini. Bahkan akan terasa nikmat jika juga tersedia makanan atau camilan ringan, pasti akan menambah hangat suasana berkumpul keluarga anda.

Bermunculannya berbagai produk teh dalam kemasan, membuat minuman ini sangat gampang dalam penyajiannya. Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat atau air dingin, menambahkan sedikit gula kedalamnya, sudah jadi dan tinggal minum saja. Pilihan rasanya pun beraneka ragam. Tinggal sesuaikan mana yang sesuai dengan selera anda.

manfaat minum teh bagi kesehatan
Bicara mengenai teh, tahukan anda minum secangkir teh memberi banyak manfaat sehat bagi kesehatan tubuh anda. Hal ini terbukti dari beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa teh mengandung berbagai antioksidan yang membantu mencegah kanker dan memperlambat proses penuaan. Beberapa teh juga diketahui mengandung vitamin C yang bisa membantu melawan beberapa penyakit termasuk masuk angin.

Apa itu saja manfaat minum teh bagi kesehatan? Tentu saja tidak, masih banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan hanya dengan minum teh. Nah, sebelum anda mengetahui manfaat minum teh lainnya, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis - jenis teh yang baik anda konsumsi.

Jenis  - Jenis Teh

1. Teh hijau
Teh hijau sangat terkenal diasia karena manfaatnya yang luar biasa. Teh hijau juga sering dikonsumsi banyak wanita terutama mereka yang sedang menurunkan berat badan. Teh hijau dibuat dari daun teh yang masih muda. Setelah teh hijau dipetik, kemudian diproses dengan cara dikeringkan dengan udara panas.Daunnya kemudian digoreng sangrai namun tidak difermentasikan sehingga kandungan gizi dan vitamin di dalamnya terjaga dengan baik.

2. Teh Oolong
Berbeda dengan teh hijau, teh oolong mengandung 30 miligram kafein dalam satu cangkirnya. Dalam pembuatannya teh oolong hanya difermentasi dengan waktu yang sangat singkat.

3. Teh Hitam
Teh hitam memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau ataupun teh putih yaitu 40 miligram dalam setiap cangkirnya. Kandungan antioksidan thearubigins dan theaflavis sangat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Manfaat minum teh hitam secara rutin ini akan membantu menurunkan resiko seseorang tersebut dari serangan jantung dan stroke.

4. Teh Putih
Jenis teh selanjutnya adalah teh putih. Teh putih memiliki rasa yang paling lembut dan enak dibandingkan dengan teh-teh lainnya. Ini dikarenakan teh putih dibuat dari pucuk daun teh yang masih sangat muda. Kandungan kafein di dalam teh putih juga sedikit yaitu hanya 15 miligram per cangkir.

5. Teh Herbal
Jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan teh herbal. Pada umumnya teh herbal tidak dibuat dari daun dari tanaman Camelia sinensis. Akan tetapi teh herbal dibuat dari akar, biji, daun, bunga dan kulit kayu dari tanaman obat. Teh herbal mengandung vitamin C yang tinggi ang bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

6. Teh kapulaga (Cardamom Tea)
Anda mungkin masih belum mengetahui jenis teh ini. kapulaga merupakan jenis tanaman obat yang sering dimanfaatkan untuk mengobati segala macam penyakit. Teh kapulaga sendiri umumnya digunakan untuk mengatasi kram pada perut, meringankan perut kembung serta membantu sistem pencernaan tubuh.

7. Teh jahe
Sesuai namanya, teh ini dibuat menggunakan ekstrak jahe. Manfaat minum teh jahe berguna untuk membantu saluran pencernaan, mengurangi gas dalam perut sehingga dapat menyembuhkan perut kembung, dan mengatasi mabuk perjalanan.

8. Teh gingseng
Teh jenis ini sangat terkenal di negara cina, dan sering digunakan sebagai bahan pengobatan. Sama seperti jenis teh lainnya, teh gingseng juga dikenal sebagai teh herbal yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Teh gingseng ini dipercaya bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kanker tertentu, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi. Meksipun memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter sebelum meminum teh herbal.

9. Teh chamomile
Jenis teh yang terakhir adalah teh cahmomile. Teh ini termasuk kategori teh yang dibuat dari bunga - bungaan, yakni bunga chamomile. Bunga ini memiliki aroma yang sangat harum seperti hal bunga melati. Teh ini bermnafaat untuk membantu mengatasi masalah gigi, insomnia, kram otot dan membantu mengurangi pembengkakan.

Ternyata, teh juga banyak jenisnya ya? Tentu masing - masih teh memiliki rasa dan manfaat yang berbeda - beda. Nah, setelah mengetahui jenis teh, anda juga perlu mengetahui manfaatnya.

Manfaat minum teh Bagi kesehatan

1. Sebagai anti stres dan anti kecemasan
Teh bunga secara alami kaya akan Chrysin flavon, yang dikenal akan manfaat anti kecemasan. Teh ini sangat ideal bagi yang rentan terhadap stres, insomnia, dan gangguan kecemasan umum. Minum secangkir pasion flower tea setiap hari sebelum tidur untuk menenangkan pikiran. Sementara Teh hitam bisa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah sistolik – membuat hidup bebas stres. 

2. Menurunkan berat badan

Para peneliti menemukan bahwa teh mengandung polifenol. Bersama dengan kafein akan meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga pada akhirnya membantu menurunkan berat badan. Teh oolong tanpa gula adalah salah satu minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Teh mengandung senyawa yang disebut mateine, yang meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga sangat dikenal akan manfaatnya untuk menurukan berat, yaitu dengan cara meningkatkan metabolisme. 

3. Merampingkan pinggang
Beberapa studi menunjukkan bahwa minum teh oolong bisa menyebabkan penurunan berat badan dan mengecilkan ukuran pinggang. Teh Oolong mengandung katekin dan kafein, yang akan memicu pembakaran  dan meningkatkan metabolisme lemak hingga 2 jam. Teh oolong juga mengandung polifenol, yang membantu untuk membatasi enzim pembangun lemak, sehingga bisa membuat perut menjadi ramping. Teh Jasmine adalah pilihan teh lain bagi yang menginginkan pinggang bagus. 

4. Mencegah penuaan dini
Manfaat minum teh bagi kesehatan
selanjutnya adalah mencegah penuaan dini terutama jika anda minum teh putih. Teh putih mengandung antioksidan kuat seperti polifenol dan ECGC, yang bermanfaat untuk menghambat tanda-tanda penuaan seperti noda hitam dan garis-garis halus. Hal ini karena senyawa polifenol dan ECGC akan memperkuat elastin dan kolagen, sehingga akan menghambat kerutan.  

5. Menjaga Kesehatan liver
Radikal bebas dan peradangan bisa menyebabkan kerusakan liver akut dan penyakit. Katekin dalam teh hijau akan menekan dan bisa mencegah keparahan pada cedera liver. 

6. Bisa Mencegah kanker
Manfaat minum teh
selanjutnya adalah ampuh untuk mencegah kanker. EGCG dalam teh putih dan teh hijau bisa membantu seorang melawan kanker secara efektif. Polifenol tinggi dalam teh bisa menghambat perkembangan kanker tertentu, termasuk lambung, kanker usus besar, kanker payudara, liver, prostat, dan kulit. Konsumsi rutin teh hijau dipercaya bisa mengimbangi efek buruk dari mer*kok, dengan cara menurunkan risiko timbulnya kanker paru-paru. Teh hitam juga mengandung EGCG, namun konsentrasinya lebih rendah dari teh hijau dan putih. Wanita yang minum teh hijau secara rutin memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker payudara, jika dibandingkan dengan wanita yang minum bukan teh hijau. 

7 . Meningkatkan Kesehatan Gigi
Teh putih mengandung tinggi kalsium dan fluoride, yaitu dua nutrisi penting untuk kesehatan gigi dan gusi. Teh hitam kaya akan polifenol, yang akan membantu untuk menyembuhkan penyakit gusi, mencegah plak, dan bau mulut. Hal ini karena Polifenol dalam teh hitam akan menghambat pertumbuhan enzim bakteri dalam mulut. 

8 . Baik Untuk Penderita diabetes
Mengkonsumsi teh hijau rutin akan menjaga kadar gula darah pada tingkat yang moderat. Polisakarida dalam teh bisa menghambat penyerapan glukosa oleh tubuh, sehingga mencegah diabetes. 

9 . Meringankan Sakit kepala
Teh jahe bisa menghambat kimia yang menyebabkan pembengkakan di otak, yang menimbulkan rasa sakit kepala. Teh jahe bisa mengurangi peradangan dengan cara yang sama seperti aspirin. Minumlah teh jahe pada saat Anda baru merasakan sakit kepala, sehingga rasa sakit tidak berlanjut. 

10. Meredakan Alergi dan demam
Teh hijau memiliki sifat antihistamin yang dapat digunakan untuk meredakan dan mencegah serangan alergi dan demam. Antioksidan dalam teh hijau akan menghambat proses biokimia yang  ikut menghasilkan respon alergi. 

12. Menyembuhkan sembelit
Minum teh daun peppermint dua kali sehari baik untuk meringankan sembelit . Hal ini akan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga akan memperlancar buang air besar. 

12 . Menjaga keseimbangan cairan
Teh juga membantu  menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan memastikan energi agar merata pada seluruh organ tubuh. Keseimbangan cairan yang sehat akan memastikan kita untuk memiliki energi yang banyak dan stamina yang baik untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. 

13 . Meningkatkan Kesehatan Kulit
Sifat antibakteri dan anti inflamasi teh hijau akan mematikan bakteri, meredakan pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Senyawa EGCG dan polifenol dalam teh hijau akan melindungi kulit kita dari radiasi ultraviolet dan  mencegah kanker kulit. Hal ini juga mencegah radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, sehingga akan membuat kulit terlihat lebih muda. 

14 . Sebagai Diuretik alami
Mengonsumsi teh secara rutin dikenal bisa menurunkan risiko mengembangkan batu ginjal sebesar 8 % . Teh bersifat diuretik, yang merangsang aliran urin, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal.

Demikianlah beragam manfaat manfaat minum teh bagi kesehatan yang sebaiknya anda ketahui. Dengan beragam manfaat sehat seperti itu, minuman ini layak menjadi pendamping anda dikala santai. Semoga bermanfaat.

referensi : http://www.carakhasiatmanfaat.com
Beragam Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri