7 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat kunyit bagi kesehatan - Seperti yang dilansir wikipedia, kunyit atau yang sering disebut juga kunir adalah salah satu jenis tanaman rempah - rempah yang sering digunakan dalam masakan di negara - negara asia. Bahkan orang indonesia pun sering menggunakan kunyit sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan seperti gulai, dan juga kunyit digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, serta bisa berfungsi juga sebagai pengawet.

Tanaman yang termasuk dalam jenis jahe - jehean ini adalah salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah asia tenggara. Hampir setiap orang asia pernah mengonsumsi tanaman ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, sebagai jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit adalah tanaman dengan sejuta manfaat. Selain dapat digunakan sebagai bahan bumbu dapur, kunyit juga terbukti dapat digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Selain itu tanaman ini juga bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada beberapa kasus - kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar.

Manfaat kunyit bagi kesehatan

Tetapi apa hanya itu saja manfaat kunyit bagi kesehatan secara keseluruhan? Tentu saja tidak, kunyit masih menyimpan banyak manfaat lainnya. Jika anda ingin mengetahui apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan, maka anda wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Berikut dibawah ini adalah manfaat kunyit bagi kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Mencegah kanker
Kandungan kurkumin pada kunyit berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kurkumin ini juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker terutama kanker usus, kanker payudara, kanker perut, kanker kulit dan juga kanker paru - paru.

2. Mencegah anemia
Manfaat kunyit bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Kunyit sangat kaya akan kandungan zat besi, dan anemia umumnya karena disebabkan kekurangan zat besi. Kandungan zat besi ini merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan mengonsumsi kunyit maka anda dapat mencegah terjadinya anemia.

3. Mencegah alzheimer
Anda mungkin bertanya - tanya apa sich alzheimer itu? Alzheimer adalah sejenis sindrom dengan apoptosis sel - sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak akan tampak mengerut dan mengecil. penyakit ini umumnya terjadi pada orang yang sudah berumur. Orang yang menderita alzheimer biasanya akan bermasalah dengan ingatan, penilaian dan cara berpikirnya. Nah, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki kandungan zat anti inflamasi serta antioksidan. Kandungan inilah yang bermanfaat dan mencegah alzheimer.

4. Mengurangi resiko diabetes
Anda ingin terhindar dari diabetes? Jika iya, jawabannya sangat mudah yaitu konsumsilah kunyit. khasiat kunyit yang didapat dari kandungan kurkumin didalamnya dapat mengurangi resistansi insulin. Karena hal inilah makan kandungan kadar glukosa darah dapat dikendalikan, sehingga resiko untuk terserang diabetes pun akan berkurang.

5. Melancarkan pencernaan
Manfaat kunyit bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Seperti yang saya sebutkan diatas, kunyit mengandung kurkumin dimana zat ini dapat membantu proses pencernaan serta mengurangi gejala kembung. Tetapi bagi anda yang menderita penyakit kandung empedu sangat tidak disarankan untuk menggunakan kunyit sebagai suplemen karena dapat memperburuk kondisi.

6. Mengobati tifus
Anda menderita tifus dan tidak tahu cara mengobatinya? Saatnya anda menggunakan bahan alami ini. Kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati tifus. Caranya dengan menumbuk kunyit yang dicampur 1 bonggol sere serta satu lembar daun sambiloto. Tambahkan satu gelas air hangat pada ketiga tumbukan bahan tersebut setelah halus kemudian saring. Minumlah saringan ramuan tersebut, dan lakukan rutin selama seminggu.

7. Menyembuhkan luka
Manfaat kunyit bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menyembuhkan luka.Kunyit mengandung bahan anti-septik dan anti-bakteri. Kandungan kedua bahan ini sangat baik digunakan sebagai disenfektan untuk menyembuhkan luka biasa maupun luka bakar.

Itulah 7 manfaat kunyit bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang belum saya sebutkan. Setelah mengetahui semua manfaatnya, semoga anda dapat memaksimalkan kunyit untuk kesehatan anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus