Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Senin, 13 Oktober 2014

6 Jenis Makanan Pemicu Munculnya Jerawat

Makanan pemicu munculnya jerawat - Jerawat merupakan musuh utama yang sangat dihindari oleh para wanita. Sebenarnya tidak hanya wanita saja, kebanyakan pria pun tidak menyukai wajahnya timbul jerawat. Munculnya jerawat pada wajah, tentu akan membuat mereka tidak percaya diri, Apalagi bekasnya pun susah untuk dihilangkan. Menjengkelkan bukan?

Jerawat biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Tidak hanya itu saja, beberapa penelitian menunjukkan masalah ini juga bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, stres, faktor genetika bahkan karena asupan makanan yang anda konsumsi.

Makanan pemicu munculnya jerawat

Nah, Berikut dibawah ini adalah 6 jenis makanan pemicu munculnya jerawat yang sebaiknya anda hindari :

1. Kopi
Kandungan kafein dalam kopi memang bisa menyegarkan tubuh. Tapi tahukah anda, bahwa asam organik yang terdapat dalam biji kopi bisa mempengaruhi kortisol atau hormon pemicu stres? Hormon pemicu stres ini bisa bertindak seperti androgen sekaligus merangsang kalenjar sebaceous dan peradang kulit. Hal ini akan bisa memicu munculnya jerawat pada wajah anda. Lebih baik ganti kopi dengan minuman teh hijau atau herbal yang lebih menyehatkan.

2. Gula
Gula merupakan makanan yang bisa menyumbang kalori dalam jumlah besar bagi tubuh, tapi ternyata gula juga bisa memicu munculnya jerawat. Makanan ini disinyalir sebagai proinflamasi sehingga bisa memperparah kondisi peradangan kulit. Seseorang yang mempunyai kulit sensitif rawan terkena jerawat ketika mengonsumsi makanan ini.

3. Susu
Makanan pemicu munculnya jerawat selanjutnya adalah susu. Ini merupakan berita buruk bagi anda yang gemar mengonsumsi susu. Padahal susu diketahui sebagai makanan tingi kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang kita. Menurut American Academy of Dermatology, hal ini disebabkan karena susu bisa menyebabkan lonjakan hormon sehingga tubuh bisa memproduksi jerawat tertentu. Untuk mengganti kebutuhan kalsium anda bisa mengonsumsi pisang yang kaya vitamin dan kalsium.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat pada wajah anda. Hal ini disebabkan karena minyak kelapa mengandung comedogenic yang tidak hanya menyumbat pori - pori di sekitar mulut, tetapi juga bisa menciptakan peradangan disekitar area pipi, dagu dan dahi. Lebih baik anda mengganti minyak kelapa dengan olive oil atau minyak zaitun.

5. Kedelai
Sebuah studi mengatakan bahwa kedelai banyak mengandung isoflavon yang bermanfaat bisa mengurangi resiko penyakit kanker. Namun juga estrogen alami ditemukan dalam makanan ini. phytoestrogens dalam kedelai meniru peningkatan estrogen yang juga berpengaruh terhadap lonjakan hormon pada tubuh anda. Hal inilah yang bisa memicu munculnya jerawat pada wajah anda.

6. Roti
Makanan terakhir yang bisa memicu munculnya jerawat adalah roti. Sangat mengejutkan memang, tetapi seorang dokter pengobatan integritas dan fungsional yang berasal dari New York city,  Dr. Fank lipman mengatakan bahwa banyak roti yang sekarang ini diproduksi secara komersial dangan campuran bahan gula, minyak kedelai dan susu secara berlebihan. Roti jenis muffin yang banyak dijual di pasaran menggunakan tiga bahan baku yang menjadi pemicu paling besar munculnya jerawat yaitu susu, mentega, kedelai serta gula

Itulah 6 makanan pemicu munculnya jerawat yang perlu anda ketahui dan sebaiknya anda hindari. Semoga bermanfaat.
6 Jenis Makanan Pemicu Munculnya Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri