5 Penyebab Umum Penyakit Kanker Yang Jarang Disadari

Kanker merupakan suatu penyakit yang sangat ditakuti semua orang. Sudah bukan rahasia lagi jika penyakit yang mempunyai beragam jenis ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Ironisnya, penyebabnya seringkali tidak anda sadari dan bahkan semua faktor resiko tersebut banyak berasal dari lingkungan dan tubuh anda sendiri.


Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab paling umum yang dapat menjadi pemicu kanker yang jarang anda sadari, seperti yang blog ini lansir dari Boldsky.com :

1. Genetik
Kanker payudara yang banyak menyerang perempuan beberapa diantaranya disebabkan karena faktor genetik. Jika terdapat salah satu keluarga anda yang terdiagnosa penyakit mematikan ini, ini saatnya anda perlu melakukan check up untuk mengetahui kanker payudara ada dalam tubuh anda.

2. Umur
Penyebab paling umum adanya kanker adalah usia yang semakin menua. Bahkan sebuah fakta mengungkapkan bahwa 75 persen kasus kanker baru didapat pada orang tua berumur lebih dari 60 tahun. Semakin tua usia tubuh anda, semakin besar resiko untuk terserang kanker sebab ketika semakin menua maka akan semakin berkurang kemampuan tubuh untuk melawan sel kanker.

3. Radiasi UV
Penyebab umum penyakit kanker lainnya adalah radiasi UV. Ya, paparan sinar matahri yang mengandung radiasi ultraviolet bisa menyebabkan kanker. Beberapa orang dapat beresiko terkena kanker kulit jika sering berada dibawah matahari tanpa pelindung yang cukup.

4. Rokok
 Sudah bukan rahasia lagi jika rokok yang berbahan tembakau ini merupakan penyebab umum penyakit kanker terutama kanker paru - paru, tenggorokan, mulut serta esofagus. Bahkan sudah tercatat, satu dari empat kematian akibat kanker karena kebiasaan merokok. Ironisnya, tidak hanya perokok aktif saja yang berpotensi terserang kanker, bahkan perokok pasif pun juga menyumbang angka besar kematian akibat kanker.

5. Karsinogen
Karsinogen adalah zat penyebab kanker yang sering ditemukan pada alat - alat ataupun barang lainnya yang kita gunakan, sayangnya kita tidak menyadari keberadaan zat yang satu ini. Tembakau, racun kimia seperti dioxins, benzena, formaldehida, asbestos vinylklorida dikenal sebagai karsinogen yang terdapat di sekitar kita.

Baca juga :
  1. 5 jenis kanker mematikan yang sering menyerang pria
  2. 8 gejala kanker pada pria yang wajib diwaspadai
  3.  Gejala - gejala kanker yang sering diabaikan
  4. 3 gejala kanker pada wanita yang perlu diwaspadai

Itulah 5 penyebab umum penyakit knaker yang jarang disadari. Perlu anda ketahui, selain semua faktor diatas, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi pemicu peyakit kanker. Untuk menghindari penyakit ini, ubah gaya hidup anda dan terapkan pola makan sehat dan teratur. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus