Gejala - Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan

Gejala - Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan - Kanker, seperti yang dilansir wikipedia adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tak terkendali dan menyerang jaringan biologis di dekatnya serta dapat bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah.

Kanker merupakan suatu penyakit yang sangat ditakuti semua kalangan, sebab sudah sangat banyak angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini. Penyakit ini biasanya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Mau tidak mau, jika anda ingin menghindari penyakit ini, anda harus mengubah kebiasaan buruk dan pola hidup tidak sehat anda.

Gejala - Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan

Setiap jenis kanker memiliki tingkat dan gejala yang berbeda - beda. Untuk itulah anda perlu mewaspadai serta mengetahui gejala - gejala pada umumnya. Menurut Newsmaxhealth.com, kanker tidak selalu ditunjukkan dengan munculnya benjolan pada kulit.

Berikut di bawah ini adalah gejala - gejala kanker yang sering diabaikan :

1. Suara serak
Suara serak memang kadang sering menyerang semua orang. Tetapi perlu anda ketahui, suara serak tidak hanya disebabkan karena batu atau radang tenggorokan. Perlu anda waspadai, jika suara anda serak hingga 2 minggu lebih, bahkan jika kondisinya cenderung memburuk ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter. Suara serak yang membandel seringkali menjadi gejala kanker tenggorokan atau paru - paru.

2. Sering Merasa kembung
Jika anda wanita dan sering mengalami perut kembung, maka anda perlu untuk mewaspadai gejala ini. Kembung yang terjadi selama menstruasi atau sebelum menstruasi adalah hal yang wajar. Tetapi jika hal itu terjadi terlalu sering maka anda perlu untuk memeriksakannya lebih dalam ke dokter. USG-lah bagian perut yang disarankan untuk mengetahui apakah anda memiliki kanker ovarium.

3. Sesak nafas
Sesak nafas memang bisa dikatakan sebagai asma. Tapi perlu anda ketahui, sesak nafas juga merupakan salah satu tanda dan gejala kanker paru - paru. Gejala umum lainnya adalah batuk hingga berminggu - minggu. Gejala ini umumnya terjadi pada perokok aktif. Saran saya, jika sesak nafas dan batuk anda belum kunjung sembuh segeralah untuk memeriksakannya ke dokter.

4. Lengan dan bahu nyeri
Jika anda sering merasa sakit dan nyeri pada bagian lengan dan bahu anda tanpa sebab yang jelas bisa jadi itu salah satu tanda - tanda kanker paru - paru yang makin memburuk. Pemebesaran getah bening yang menekan saraf bahu bisa menyebabkan rasa nyeri sebelum mencul rasa sesak nafas.

5. Sulit buang air besar
Anda sering merasa sakit saat buang air kecil? atau anda sering sulit ketika buang air kecil? Jika iya, maka andaa perlu mewaspadai gejala ini sebagai gejala awal kanker prostat. Untuk mengetahui pakah itu kanker prostat atau bukan anda perlu untuk mengkosultasikannya pada dokter dan mintalah uji untuk memastikannya.

6. Sakit perut kronis
Kanker lambung sangat sulit dikenali gejalanya. Bahkan seringkali itu dianggap sebagai sakit maag biasa. Jika anda mengalami gejal ringan seperti perut mual, merasa perih dan gejala itu sering muncul bisa menjadi tanda bahwa anda harus segera memeriksakan kondisi ini. Walaupun obat maag ringan bisa meredakan gejalanya, tetapi jika terjadi berulang - ulang sebaiknya anda perlu memeriksakannya lebih dalam pada dokter untuk memastikan apakah itu kanker lambung atau bukan.

Itulah beberapa gejala kanker yang sering diabaikan. Ada baiknya anda perlu mengetahui semua gejala diatas untuk mengantisipasi terjadinya kanker pada diri anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus