8 Gejala Kanker Pada Pria Yang Wajib Diwaspadai

Salah satu penyakit yang sangat ditakuti dan dihindari adalah kanker. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang bulu. Bahkan angka kematian karena disebabkan penyakit ini jumlahnya sangatlah banyak. 

Penyakit yang banyak jenisnya ini sebenarnya bisa disembuhkan jika diketahui dan terdiagnosis sejak dini. Dengan mengetahui gejalanya sejak awal, maka penanganan terhadap kanker akan lebih mudah dilakukan, sehingga resiko untuk bertambah parah bisa dihindari.

Gejala Kanker Pada Pria Yang Wajib Diwaspadai

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa gejala kanker yang sebaiknya anda waspadai terutama untuk pria :

1. Batuk kronis
Jika anda seorang perokok dan sering batuk, kadang akan menganggap batuk tersebut hal yang sepele. Tetapi jika batuk yang anda derita tidak juga kunjung sembuh, anda perlu mewaspadainya. Sebab bisa jadi batuk kronis tersebut merupakan pertanda kanker paru - paru.

2. Berat badan turun drastis
Saat anda mengalami penurunan berat badan secara drastis, sedangkan anda tidak sedang melakukan program diet apapun anda juga perlu mewaspadainya. Penurunan berat badan dengan drastis seperti ini sangat terkait dengan kanker usus dan kanker hati.

3. Sakit perut
Sakit perut memang merupakan hal yang biasa dan sering terjadi pada semua orang. Tetapi jika anda sering merasa sakit perut secara tiba - tiba dan terus menerus, anda perlu berhati -hati. Gangguan kesehatan seperti ini juga merupakan pertanda dari kanker usus, kanker hati dan leukimia.

4. Merasa nyeri saat buang air kecil
Salah satu gejala umum kanker prostat yang terjadi pada pria adalah merasa nyeri saat buang air kecil. Jika anda juga mengalami hal seperti ini kemudian diikuti dengan bercak darah, segeralah memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Siapa tahu gejala tersebut merupakan pertanda bahwa anda sedang menderita kanker prostat.

5. Mengeluarkan darah ketika BAB
Saat anda sedang buang air besar dan sering mendapati bercak darah pada kotoran yang anda keluarkan, janganlah mengabaikannya. Jika tidak karena sembelit, bisa saja itu merupakan pertanda kanker usus.

6. Kesulitan saat menelan
Saat anda sedang menderita radang tenggorokan, menelan sesuatu akan terasa sakit pada tenggorokan. Tetapi jika kesulitan menelan ini tidak kunjung sembuh, segerah periksakan pada dokter. Bisa jadi itu merupakan pertanda dari kanker paru - paru.

7. Kulit mudah memar
Ketika kulit anda mudah memar saat berbenturan dengan apapun walaupun tidak keras, anda juga perlu mewaspadainya. Leukimia biasanya ditandai dengan kulit yang mudah memar saat berbenturan dengan sesuatu/ Hal ini dikarenakan menurunnya kemampuan darah untuk membawa oksigen sehingga akhirnya membentuk gumpalan.

8. Merasa mudah lelah
Ketika anda sering merasa mudah lelah walaupun sedang tidak melakukan hal apapun, anda juga perlu mewaspadainya. Sebab leukimia biasanya akan membuat penderitanya mengalami rasa lelah yang luar biasa. 
 
Informasi seputar kanker lainnya :
  1. Gejala -gejala kanker yang sering diabaikan
  2. 3 gejala kanker pada wanita yang sering diabaikan
  3. 5 penyebab umum penyakit kanker
Itulah 8 gejala kanker pada pria yang sebaiknya diwaspadai. Penyakit ini biasanya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Jika anda ingin menghindari penyakti ini, mau tidak mau anda harus merubah pola hidup tidak sehat anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus