5 Bahan Kimia Dalam Kosmetik Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh memakai makeup? Boleh - boleh saja. Sebab, berdandan juga merupakan salah satu cara untuk menjaga mood ibu hamil tetap tenang. Tapi tentu saja penggunaan make up tersebut memerlukan perhatian khusus, sebab banyak anggapan penggunaan kosmetik yang tidak jarang di dalamnya terdapat bahan kimia, bisa membahayakan bagi kandungan serta janin di dalamnya. Karena itu, ibu hamil harus berhati - hati dalam memilih kandungan bahan kosmetik dan produk skincare.

Bahan Kimia Dalam Kosmetik Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Nah, bagi anda ibu hamil yang ingin menggunakan makeup harus jeli membaca kandungan bahan dalam kosmetik dan produk perawatan tubuh yang dipakainya. Buang jauh - jauh dan jangan gunakan terutama jika produk kosmetik tersebut mengandung beberapa bahan - bahan seperti berikut :

1. Merkuri
Jenis logam berat ini sangat berbahaya bila terserap kulit dan mengalir melalui pembuluh darah. Merkuri sering muncul dalam bedak atau krim pemutih. Penggunaan kosmetik dengan kandungan bahan ini bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit dan kecacatan pada janin.

2. Hydroquinone
Bahan yang satu ini banyak ditemukan dalam banyak produk pemutih. Penggunaan kosmetik jika mengandung Hidroquinino di dalamnya berpotensi mengakibatkan bayi lahir prematur dan berat lahir rendah.

3. Beta Hydroxy Acid (BHA)
BHA banyak digunakan dalam obat jerawat. Ya, meskipun bahan ini sangat ampuh dalam mengurangi jerawat serta komedo, tetapi tidak boleh digunakan dalam keadaan hamil karena bisa membahayakan kandungan ataupun janin di dalamnya.

4. Retinoid
Retinoid atau zat turunan dari vitamin A ini sering digunakan dalam obat jerawat dan krim antiaging. Pada saat ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak menggunakan ini karena dapat mengakibatkan cacat janin.

5. Rhodarmin
Rhodarmin merupakan bahan pewarna tekstil yang dilarang penggunaannya untuk kosmetik. Sebaiknya anda mewaspadai makeup yang menghasilkan warna sangat mencolok.

Baca juga :
Itulah 5 Bahan kimia dalam kosmetik yang berbahaya bagi ibu hamil. Untuk mengantisipasi penggunaan kosmetik berbahan seperti ini, sebaiknya anda teliti terlebih dahulu dengan membaca bahan yang digunakan pada kemasan kosmetik yang akan anda pakai. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi