5 Tips Agar Terhindar Dari Zat Kimia Berbahaya Dalam kosmetik

Tips agar terhindar dari zat kimia berbahaya dalam kosmetik - Sekarang ini, banyak wanita yang menggunakan make up atau kosmetik untuk menunjang penampilannya. Tapi sayangnya, mereka terkadang jarang memperhatikan terlebih dahulu apakah kosmetik yang mereka pakai aman atau tidak ketika digunakan. Sebab sudah bukan rahasia lagi jika banyak produk kecantikan mengandung banyak bahan kimia berbahaya di dalamnya. Tentu penggunaan kosmetik dengan kandungan seperti itu bisa memberi efek yang buruk bagi kulit dan tubuh mereka.

Tips agar terhindar dari zat kimia berbahaya dalam kosmetik

Karena itulah, sangat penting bagi anda untuk lebih selektif ketika menggunakan kosmetik guna menghindari bahan kimia tersebut. Jangan sembarang dalam memilih kosmetik karena nantinya malah berimbas buruk untuk anda. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa tips agar anda bisa terhindar dari zat kimia yang ada dalam kosmetik :

1. Cek komposisi terlebih dahulu
Saat anda ingin membeli suatu produk make up untuk perawatan kecantikan, lebih baik anda mengecek terlebih dahulu kompisisi bahan yang digunakan untuk membuat make up tersebut. Memeprhatikan hal seperti ini sangatlah penting, anda bisa meminimalisir penggunaan bahan kimia pada produk make up tersebut. Hindari beberapa produk yang mengandung komposisi seperti paraben, saudium lauryl, Diethanolamine, triethanolamine dan yang lainnya. Kandungan bahan pada produk make up seperti itu bisa menyebabkan kanker payudara, terutama paraben.

2. Jangan percaya klaim
Produk kecantikan yang kebanyakan di iklankan melalui media visual kebanyakan mengklaim bahwa produk yang dipromokan aman dipakai, menggunakan bahan alami, serta sehat untuk kulit. Anda jangan serta merta langsung percaya begitu saja dengan kalim seperti itu. Untuk hasil yang terbaik saat membeli produk make up, lebih baik cek terlebih dahulu komposisi make up tersebut. Pada kasusnya, banyak terjadi di beberapa negara bahan kimia yang digunakan dalam produk tersebut berbahan alami, padahal kenyataannya tidak.

3. Gunakan sedikit produk
Jika anda ingin terhindar dari bahan kimia pada produk make up, cara terbaik adalah dengan menggunakan sedikit produk saja. Gunakan saja produk yang benar - benar anda butuhkan. Perhatikan dan pilih dengan baik produk apa yang anda butuhkan dengan memperhatikan kandungan pada kemasannya. Jika ada alternatif yang alami, sebaiknya gunakan hal tersebut daripada menggunakan produk yang berbahan kimia.

4. Hindari produk yang berbau
Banyak produk kecantikan yang melabelkan "fragrance" atau harum pada kemasannya. Meskipun itu hanya satu kata, tetapi bisa berarti banyak zat kimia yang terkandung di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang membuat produk kecantikan seperti ini tidak mau mengungkap komposisi ini, padahal faktanya banyak yang menggunakan kata ini untuk menutupi zat kimia berbahaya yang mereka gunakan di dalamnya.

5. Membuat ranking produk
Membuat ranking produk merupakan hal penting yang bisa anda terapkan sebelum membeli suatu produk make up atau kecantikan. Buatlah peringkat berdasarkan aman atau tidaknya produk tersebut. Cari juga produk yang mengandung sedikit bahan beracun. Dengan sistem perankingan seperti ini, anda akan lebih selektif ketika membeli produk make up tersebut. Hal ini berarti anda bisa terhindar dari penggunaan bahan kimia pada produk make up tersebut.

Nah, ladies..saran bagi anda. Janganlah sembarangan dalam menggunakan produk kecantikan, lebih selektiflah dalam memilih bahan make up yang akan anda gunakan. Dengan cara ini, anda akan terhindar dari penggunaan zat kimia berbahaya dalam produk tersebut. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi