Inilah Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Seseorang Berdasarkan Usia

Tidur merupakan cara tepat untuk merilekskan tubuh setelah beraktifitas seharian penuh. Waktu tidur juga merupakan waktu yang baik untuk perbaikan sel di dalam dan diluar tubuh anda. Dan tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk mengisi kembali energi tubuh untuk medukung aktifitas anda pada keesokan harinya. Namun sayangnya, ada sebagian orang yang justru mengabaikan pola tidur yang benar sesuai saran ahli.

Inilah Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Seseorang Berdasarkan Usia

Yang menjadi pertanyaan, berapa sich waktu tidur ideal yang dibutuhkan tubuh setiap harinya? Daripada menduga - duga, berikut dibawah ini adalah kebutuhan waktu tidur seseorang berdasarkan usia, seperti yang dilansir oleh Sleepfoundation.org :

1. Usia 0 - 1 bulan
Bayi yang baru lahir hingga yang mencapai dua bulan umumnya membutuhkan tidur  sekitar 14 hingga 18 jam setiap harinya. Jadi, jangan heran jika anda mendapati bayi anda selalu tidur sepanjang hari.

2. Usia 1 - 18 bulan
Pada bayi dengan usia ini membutuhkan waktu tidur sekitar 12 - 14 jam dalam sehari. Kebutuhan tidur yang cukup seperti ini akan membuat tubuh dan otak mereka berkembang baik, sehat dan normal.

3. Usia 3 - 6 tahun
Anak -anak dengan usia yang sudah menjelang masuk sekolah ini, kebutuhan tidur yang sehat setiap harinya sekitar 11 - 3 jam. Para ahli mengatakan, anak dibaah usia 6 tahun yang kurang tidur cenderung berpotensi mengalami obesitas di kemudian hari.

4. Usia 6 - 12 tahun
Saat anak dengan usia seperti ini membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam setiap hari. Sebuah penelitian meyebutkan bahwa anak yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup dapat menyebabkan mereka menjadi hiperaktif, tidak konsentrasi belajar, dan memiliki masalah perilaku di sekolahnya.

5. Usia 12 - 8 tahun
Anak dengan usia remaja ini membutuhkan waktu tidur sekitar 8 - 9 jam setiap harinya. Sebuah studi mengungkapkan bahwa jika remaja kurang tidur akan lebih rentan mengalamai depresi, hilang konsentrasi, tidak fokus dan cendering memiliki nilai yang buruk di sekolah.

6. Usia 18 - 40 tahun
Sebagaimana yang disarankan para ahli, orang dewasa dengan umur seperti ini membutuhkan waktu tidur sekitar 7 samapi 8 jam setiap hari. Bahkan para dokter menyarankan bagi mereka yang ingin hidup sehat harus selalu menerapkan aturan pola tidur ini pada kehidupannya.

7. Usia 40 - 60 tahun
Memasuki usia masa tua seperti ini, maka kebutuhan tidur mereka juga semakin menurun. Paling tidak mereka hanya membutuhkan tidur sekitar 7 jam setiap hari.

8. Usia 60 Tahun ke atas
Lansia dengan umur 60 tahun hingga ke atas hanya membutuhkan waktu tidur 6 jam saja dalam sehari. Jika lebih dari itu, mereka akan mudah mengelami insomnia yang berbahaya baginya.

Baca juga : 
Itulah kebutuhan waktu tidur seseorang berdasar usia yang perlu anda ketahui. Berdasar ulasan di atas, berapa lama kebutuhan waktu tidur anda? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus