5 Makanan Yang Bisa Membuat Anda Susah Tidur

Makanan yang bisa membuat susah tidur - Setelah melakukan berbagai macam aktifitas seharian penuh di luar, tentu tubuh anda memerlukan waktu istirahat juga. Tidur yang cukup pada malam hari adalah cara tepat untuk merileks-kan tubuh anda. Waktu tidur juga merupakan waktu yang baik untuk perbaikan sel di dalam dan di luar tubuh anda.

Kadangkala ketika anda sudah merebahkan tubuh di ranjang, mata anda sulit juga untuk di pejamkan. Insomia seperti ini bisa terjadi pada siapa saja. Tentu anda tidak ingin melewatkan malam dengan begadang begitu saja, apalagi keesokan harinya anda di tuntut untuk melakukan berbagai aktifitas lagi. Sangat menjengkelkan bukan?

Insomnia atau susah tidur bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah dari makanan yang anda konsumsi. Seperti halnya ada makanan yang bisa membuat anda tidur cepat, terdapat juga beberapa makanan yang justru bisa membuat anda susah tidur.

Makanan yang bisa membuat susah tidur

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa makanan yang bisa membuat anda susah tidur :

1. Kafein
Sudah bukan rahasia lagi kalau kafein bisa membuat orang menjadi susah tidur. Jadi tidak heran jika banyak yang bilang minum kopi atau soda sebelum tidur akan membuat susah tidur. Tapi perlu anda ketahui, kafein tidak hanya terdapat pada kopi atau soda saja. Beberapa minuman seperti teh atau obat- obatan juga mengandung kafein dan bisa menyebabkan anda susah tidur. Untuk itulah, jika anda ingin tidur cepat usahakan untuk tidak minum minuman ini sebelum tidur.

2. Makanan dari tomat
Mengonsumsi tomat ataupun makanan sejenisnya juga bisa membuat anda susah tidur. Hal ini dikarenakan tomat mengandung banyak asam di dalamnya. Asam inilah yang bisa membuat perut anda tidak nyaman pada malam hari. Jika ingin makan tomat atau makanan yang mengandung tomat di dalamnya, sebaiknya konsumsi tiga jam sebelum tidur.

3. Alkohol
Banyak orang beranggapan bahwa mengonsumsi alkohol bisa membantu seseorang cepat tidur. Jelas itu persepsi yang salah. Mengosumsi alkohol memang bisa membantu anda tidur, tetapi kualitas tidur yang diberikan sangat rendah. Hal ini akan memungkinkan anda sering terbangun ketika malam hari. Selain itu, alkohol juga akan menurunkan kulaitas tidur REM, Sehingga walaupun anda tidur, anda tidak akan merasa lebih baik ketika bangun.

4. Makanan fermentasi
Makanan yang bisa membuat anda susah tidur selanjutnya adalah makanan yang berfermentasi. Makanan seperti ini banyak mengandung zat tyramine. Zat inilah yang bisa merangsang otak dan membuat anda susah tidur. Jika anda ingin tidur lebih cepat, cobalah menghindari makanan yang berfermentasi seperti keju, daging asam dan yang lainnya.

5. Air
Air juga bisa membuat kita tidak bisa tidur? Mungkin anda tidak percaya dan bertanya - tanya seperti itu. Air memang diperlukan oleh tubuh dan bisa menjaga kesehatan, tetapi air bukan minuman yang tepat untuk konsumsi sebelum tidur. Apalagi jika anda mengonsumsinya secara berlebihan, anda akan sering terbangun pada malam hari karena selalu merasa ingin buang air kecil. Cobalah hindari tidak minum air 90 menit sebelum tidur.

Itulah 5 makanan yang bisa membuat anda susah tidur. Jika anda ingin tidur cepat dan berkualitas, sebisa mungkin cobalah untuk menghindari mengonsumsi semua makanan tersebut. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi