4 Aromaterapi Alami Untuk Usir Stres

Stres yang menyerang memang sangat menjengkelkan. Rasa cemas dan khawatir yang ditimbulkan akan membuat kita sering tidak fokus ketika melakukan sesuatu. Jika terlalu lama dibiarkan, rasa stres bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan anda.

Jika anda tahu caranya, mengatasi stres itu sangatlah mudah. Misalnya, Cobalah anda luangkan waktu sehari saja dengan pergi berlibur ke tempat yang menenangkan seperti pantai untuk merefresh pikiran anda. Dengan melakukan hal ini, terkadang pikiran yang kacau akan terlupakan, stres pun bisa menghilang.

Aroma Relaksasi Alami Untuk Usir Stres

Selain dengan cara berlibur, stres ternyata juga bisa dihilangkan hanya dengan mencium aromaterapi alami dari tanaman tertentu. Seperti yang dilansir dari Health.com, berikut dibawah ini adalah diantaranya :

1. Bunga lavender
Aroma dan wangi dari bunga yang satu ini sangat menenangkan. Karena itulah bunga lavender sangat cocok anda jadikan terapi relaksasi. Aroma bunga ini bisa meningkatkan kineja gelombang alpha dalam otak yang akan membuat anda tidur lebih nyenyak. Selain itu juga bisa mengatasi emosi saat PMS serta mengurangi nyeri kram perut saat terjadi menstruasi.

2. Daun mint
Daun yang dikenal dengan aromanya yang khas ini dikenal banyak memiliki manfaat terutama untuk kesehatan. Hanya dengan mencium aromanya saja bisa menyejukkan tenggorokan dan indera penciuman anda. Bahkan mencium minyak mint pun bisa melegakan hidung tersumbat dan mampu meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Selain itu aromanya juga bisa meredakan sakit kepala serta bisa menghilangkan stres dari pikiran anda.

3. Jeruk
Aroma segar dan wangi pada buah yang memiliki rasa manis ini sangat baik dalam meredakan gelisah, khawatir serta kecemasan anda. Jika ingin mengunakannnya sebagai relaksasi, pilihlah buah jeruk purut saja. Aroma dari jeruk ini sangat segar dan terkenal sebagai aroma terapi untuk menangkan pikiran disaat stres.

4. Lemon
Sama halnya denga jeruk, lemon juga memiliki aroma segar yang bisa menangkan pikiran. Bahkan sebuah penelitian di jepang mengungkapkan bahwa orang yang sedang depresi akan merasa lebih tenang dan rileks ketika mencium aroma lemon. Selain bermanfaat untuk detoks, buah ini juga berperan sebagai antidepresan sekaligus membantu menormakan kadar hormon bahagia dalam tubuh.

Baca juga : 
  1. 5 cara unik dan ampuh hilangkan stres
  2. 4 hal simpel yang bisa cegah stres
  3. 5 alasan kenapa stres bisa memicu serangan jantung
Itulah 4 aroma relaksasi alami yang ampuh untuk usir stres. Jangan lupa juga, lakukan hal yang positif lainnya agar anda bisa move on dari stres. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi