4 Hal Simpel Yang Bisa Mencegah Stres

Hal Simpel yang bisa mencegah stres -  Stres adalah suatu kondisi dimana seseorang sudah tidak bisa menahan beban pikiran dan emosi mereka ketika menghadapi masalah dan tekanan di lingkungannya. Tentu hal ini akan memberi dampak negatif pada kesehatan. Seseorang yang stres pada umumnya merasa depresi, gelisah dan tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan berkepanjangan. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama, stres juga bisa mengarah pada penyakit seperti tekanan darah tinggi dan jantung.

Hal Simpel yang bisa mencegah stres

Anda tentu tidak ingin stres menyerang anda. Untuk itulah penting bagi anda untuk menahan emosi dan mengontrol pikiran anda ketika menghadapi masalah. Tapi tenang saja, stres juga bisa dihindari kok. Bahkan hanya dengan melakukan 4 hal simpel dibawah ini anda bisa mencegah stres dan mengontrol diri dengan lebih baik.

1. Mendengarkan musik
Musik itu sangat menyenangkan dan bisa membawa suasana hati anda senang, apalagi jika lagu yang di dengarkan adalah musik favorit kita. Bahkan sebuah fakta ilmiah mengungkapkan bahwa mendengarkan musik bisa memberikan rasa bahagia yang sama ketika kita mengonsumsi makanan favorit. Hal ini dikarenakan saat mendengarkan musik, dopamin akan disebarkan ke seluruh tubuh sehingga kita bisa merasa lebih santai dan merasa bahagia. 

2. Mengatur dan membuat jadwal kegiatan setiap hari
Jika anda ingin kegiatan hidup anda teratur, cobalah biasakan membuat beberapa list kegiatan yang akan anda lakukan untuk esok hari. Jadwal kegiatan seperti ini akan membuat anda menjadi lebih terarah dan lebih disiplin. Saat seseorang tidak mempunyai jadwal, biasanya pikiran mereka bisa kemana - mana. Sebab mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan, jika tidak terbiasa hal ini bisa membuat mereka tertekan karena merasa seolah mereka harus menyelesaikan semua hal dalam waktu yang bersamaan.

3. Sempatkan waktu untuk berlibur dan bersenang - senang
Padatnya aktifitas yang dilakukan selama seminggu tentu akan membuat pikiran anda lelah dan merasa jenuh. Ketika anda sudah merasa seperti itu, cobalah luangkan waktu anda sehari aja ketika libur untuk bersenang - senang. Anda bisa berlibur dan meluangkan waktu dengan melakukan kegiatan yang bisa membuat anda merasa senang atau aktifitas yang bisa membuat anda tertawa lepas. Hari anda akan terasa menyenangkan, tentu hal ini akan membuat jiwa dan pikiran anda segar kembali.

4. Hindari berpikir berlebihan
Stres umumnya banyak terjadi ketika seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan sesuatu. Ketika anda memiliki sebuah masalah, cobalah untuk tidak memikirkannya seserius mingkin. Yakinlah bahwa anda pasti bisa menyelesaikan masalah tersebut. Memikirkan suatu hal secara berlebihan tersebut justru akan membuat anda kesulitan mengontrol pikiran anda. Berhentilah berpikiran yang tidak - tidak, apalagi berpikiran yang negatif.




Itulah 4 hal simpel yang bisa menghindarkan anda dari stres. Stres bermula dan terjadi dari pikiran anda. Sebisa mungkin, kontrollah emosi dan pikiran anda. Jangan sampai karena stres anda jadi kehilangan semangat. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus