Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Selasa, 16 Desember 2014

5 Alasan Kenapa Stres Bisa Memicu Serangan Jantung

5 Alasan stres bisa memicu serangan jantung - Tuntutan pekerjaan yang mengaharuskan anda segera menyelesaikannya kadang akan membuat anda stres. Belum lagi dengan banyaknya masalah dan tekanan di lingkungan sekitar anda, juga bisa meningkatkan resiko stres tersebut. Jika sudah begitu, tentu hal ini akan memberi dampak buruk bagi psikologi dan kesehatan anda Bahkan jika dibiarkan berkepanjangan stres juga bisa mengarah pada penyakit seperti tekanan darah tinggi dan jantung.

Ya, jantung sangat erat kaitannya dengan stres. Organ tubuh yang sangat penting ini rentan akan pengaruh stres. Karena itulah sangat penting bagi anda untuk lebih pintar dalam mengelola stres. Tentu dengan cara itu, anda bisa meminimalisir resiko yang ditimbulkan oleh stres, seperti penyakit jantung yang membahayakan ini.

5 Alasan stres bisa memicu serangan jantung

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa alasan mengapa stres bisa memicu serangan jantung seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Boldsky.com :

1. Terjadi pembekuan darah
Saat stres yang anda derita meningkat, hal ini berarti pula anda meningkatkan kadar hormon andrenalin dan kortisol dalam tubuh anda. Hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya pembekukan darah yang mampu meningkatkan resiko serangan jantung.

2. Ketidakseimbangan hormon
Perlu anda ketahui, ketidakseimbangan hormon merupakan salah satu akibat yang terjadi saat anda stres. Sedangkan ketidakseimbangan hormon inilah yang bisa menyebabkan proses metabolisme tubuh tidak normal. Nah, karena proses metabolisme tubuh anda terganggu, hal ini bisa meningkatkan kolesterol yang berujung pada menurunnya kesehatanan jantung.

3. Rusaknya pembuluh darah
Sitokin atau hormon stres yang tinggi di dalam tubuh mampu mneyebabkan kerusakan progresif pembuluh darah. Karena itulah, saat stres anda meningkat, potensi untuk terkena stroke juga semakin besar.

4. Tekanan darah tinggi
Saat tingkat stres anda meninggi maka juga dapat menyebabkan tekanan darah anda meninggi pula. Ketika tekanan darah anda meninggi, tekanan darah ke jantung semakin meninggi juga. Hal inilah yang bisa menyebabkan anda bisa terkena serangan jantung.

5. Penyumbatan pembuluh darah
Serangan jantung biasanya sering terjadi ketika pembuluh darah atau arteri koroner anda tersumbat sehingga memotong aliran darah yang menuju jantung. Penurunan suplai darah yang menuju ke jantung inlah yang mampu menyebabkan kerusakan pada jantung dan jaringannya.

Sebisa mungkin saat anda menghadapi masalah, cobalah sikapi dengan bijak dan santai sehingga stres pun tidak datang menyerang. Dengan begitu, anda akan terhindar dari resiko serangan jantung yang mematikan ini.
5 Alasan Kenapa Stres Bisa Memicu Serangan Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri