6 Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips cara mudah menjaga kesehatan ginjal - Tubuh manusia tersusun dari beberapa bagian organ penting seperti jantung, paru - paru, ginjal serta organ lainnya. Setiap organ tersebut tentu memiliki peranan penting yang berbeda - beda. Salah satu organ tubuh manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya adalah ginjal.

Ginjal berfungsi sebagai bagian dari sistem urin. Organ yang mempunyai bentuk seperti kacang ini berperan dalam menyaring kotoran terutama urea dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun serta menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, organ ini juga penting dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah serta zat asam dalam tubuh.

Bisa anda bayangkan seandainya ginjal anda tidak berfungsi dengan baik? Tentu anda akan mengalami gangguan kesehatan yang kronis seperti gagal ginjal. Menyeramkan bukan? Untuk itulah, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal.

Tips cara mudah menjaga kesehatan ginjal

Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa tips dan cara mudah menjaga kesehatan ginjal :

1. Mengonsumsi makanan sehat
Kesehatan biasanya tergantung dari pola hidup, salah satunya adalah makanan yang anda konsumsi. Nah, mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung nutrisi tinggi sangat penting untuk kesehatan ginjal. Makanan sehat dan kaya nutrisi sangatlah kecil kandungan racunnya, sehingga ginjal anda akan bekerja tidak terlalu berat untuk menyarin racun dalam tubuh anda.

2. Perbanyak minum air putih
Agar ginjal anda bisa berfungsi dengan baik, anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh anda. Kurangnya cairan dalam tubuh hanya akan menyebabkan masalah pada ginjal. Perbanyaklah minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal anda, paling tidak minumlah sebanyak 8 gelas perharinya.

3. Rajin olahraga
Tips dan cara mudah menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah dengan rajin berolahraga. Hal ini dikarenakan olahraga dapat memastikan bahwa setiap fungsi di dalam tubuh anda berjalan dengan baik, salah satunya adalah organ ginjal anda.

4. Berhenti merokok
Ini peringatan bagi anda yang gemar merokok, segeralah menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Dengan merokok maka dapat memperlambat aliran darah ke ginjal sehingga mampu mengganggu kesehatan ginjal anda.

5. Menjaga kadar gula tetap normal
Perlu anda ketahui, orang yang memiliki kadar gula yang tinggi biasanya berpotensi diabetes. Nah, diebetes ini masih erat kaitannya dengan ginjal. Banyak penderita diabetes yang kemudian memiliki masalah dengan ginjal mereka. Karena itulah untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, anda perlu menjaga kadar gula anda tetap normal.

6. Menjaga tekanan darah
Tips dan cara mudah menjaga kesehatan ginjal yang terakhir adalah dengan menjaga tekanan darah. Ginjal anda memiliki peranan penting dalam menjaga sirkulasi darah tetap normal, sehingga apabila tekanan darah anda tinggi maka bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Demukianlah 6 tips dan cara mudah menjaga kesehatan ginjal anda. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, mohon untuk membagikannya melalui akun facebook, google+, twitter maupun media sosial lainnya, sehingga orang lain bisa mengetahuinya juga. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus