6 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan - Susu merupakan salah satu makanan sumber protein tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Banyak orang menyukai makanan ini, tidak terkecuali anak - anak maupun orang yang sudah dewasa.

Susu pun memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah susu kedelai. Minuman yang terbuat dari sari kacang kedelai ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, menurut seorang ahli, susu kedelai bukanlah termasuk kategori susu, karena susu hanyalah cairan yang diproduksi oleh kalenjar susu pada manusia dan mamalia. Susu kedelai pada akhirnya disebut susu juga karena minuman ini memiliki warna putih kekuningan menyerupai susu.

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan

Terlepas dari hal itu, susu kedelai tetap memiliki banyak manfaat sehat bagi tubuh sama halnya dengan susu biasa. Lalu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan :

1. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke
Susu kedelai merupakan minuman dengan kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Kandungan protein tersebut mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL) dalam tubuh anda sehingga bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Protein ini juga baik untuk pertumbuhan otot anda.

2. Mencegah osteoporosis
Kandungan protein yang tinggi dalam susu kedelai ini juga membantu penyerapan kalsium yang lebih baik didalam tulang. Selain itu, kandungan isoflavon di dalamnya berfungsi menghambat kerusakan tulang yang berpotensi osteoporosis.

3. Mencegah kanker
Manfaat susu kedelai bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa mencegah terjadinya kanker. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang telah dilakukan bahwa pria yang rajin minum susu kedelai dapat terhindar dari kanker prostat dan mencegah manopause dini pada wanita.

4. Memberi efek baik untuk diabetes dan ginjal
Selain protein, susu kedelai juga mengandung serat larut, dimana protein dan serat larut ini bermanfaat mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal. Hal ini bermanfaat untuk mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal anda.

5. Cocok buat diet
Bagi anda yang sedang menjalani program diet, susu kedelai sangat cocok untuk dikonsumsi, sebab susu kedelai selain rendah kalori, juga rendah lemak.

6. Sebagai antioksidan
Senyawa isoflavon dalam susu kedelai bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan anda. Isoflavon ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh sinar matahari maupun polusi.

Itulah 6 manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Selain rasanya yang manis dan gurih, manfaatnya pun sungguh luar biasa. Kini saatnya bagi anda beralih untuk mengonsumsi susu kedelai yang kaya manfaat ini. Semoga bermanfaat

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi