5 Makanan Yang bermanfaat Menjaga Kesehatan Ginjal

Makanan yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal - Ginjal adalah salah satu bagian organ tubuh pada manusia yang memiliki peranan penting. Ginjal berfungsi sebagai bagian dari sistem urin, Ginjal berperan dalam menyaring kotoran terutama urea dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Bisa dibayangkan bagaimana jika organ ginjal anda tidak berfungsi dengan baik? Tubuh anda biasanya akan mengalami kesulitan buang air kecil, batu ginjal atau bahkan yang lebih parah yaitu gagal ginjal.


Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal kita? Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta berolahraga yang teratur. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa makanan sehat yang bisa menjaga kesehatan ginjal anda :

1. Putih telur
Banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari putih telur. Kandungan fosfor yang tinggi dalam putih telur bermanfaat menjaga kesehatan ginjal anda. Tetapi selain itu, bagi anda yang menderita masalah ginjal, malah disarankan untuk menghindari kuning telur. 

2. Ikan
Ikan sangat kaya akan kandungan asam lemak omega-3 didalamnya. Asam lemak ini selain memiliki sifat anti inflamasi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada ginjal.

3. Paprika
Makanan yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah paprika. Makanan ini mampu memecah kotoran yang ada didalam darah sehingga bisa meringankan kerja ginjal anda. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dipanggang dan merebusnya terlebih dahulu.

4. Kubis
Sayuran yang sering dimasak oleh para ibu didapur ini ternyata banyak mengandung zat phytochemical, yaitu sebuah zat yang mampu membuang radikal bebas dalam tubuh sehingga baik untuk kesehatan ginjal.

5. Kembang kol
Sayuran ini sangat kaya akan kandungan indoles, glucosinotales dan tiosianat di dalamnya. Semua zat alami tersebut bermanfaat membuang limbah beracun dalam tubuh.

Itulah 5 makanan yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus

5 Makanan Sumber Vitamin A