5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Infeksi Tenggorokan

Bahan alami untuk mengatasi infeksi tenggorokan - Infeksi tenggorokan merupakan suatu penyakit yang sangat tidak mengenakkan. Infeksi tenggorokan berbeda dengan radang tenggorokan. Radang tenggorokan biasanya disebabkan karena virus, sedangkan infeksi tenggorokan disebabkan karena bakteri.  Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya akan merasa kesakitan ketika menelan sesuatu. Bagaimana jika ini terjadi pada anda? Tentu hal ini akan mengganggu selera makan anda. Sangat tidak mengenakkan bukan?

Jika anda menderita infeksi tenggorokan, maka itu harus segera diatasi. Jika tidak, bisa jadi infeksi tenggorokan yang anda derita akan sampai berbulan - bulan. Mengobati infeksi tenggorokan ketika masih berupa gejala, akan lebih mudah daripada sudah terlanjur parah.

infeksi tenggorokan

Hal pertama yang ada dipikiran anda ketika menderita infeksi tenggorokan adalah bagaimana menyembuhkannya dengan mengonsumsi obat. Bagus memang, dan itu perlu dilakukan. Tapi tahukah anda? Infeksi tenggorokan ternyata juga bisa di sembuhkan dengan bahan yang alami. Sebelum anda mengatasinya dengan mengonsumsi obat, cobalah atasi dengan 5 bahan alami dibawah ini :

1. Kunyit
salah satu bumbu dapur ini sejak jaman dahulu memang sudah terbukti banyak manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk meredakan infeksi tenggorokan. 

Caranya : Campurkan setengah sendok teh kunyit dengan air dan setengan sendok teh garam, kemudian panaskan. Diamkan hingga dingin, Lalu gunakan campuran bahan ini untuk berkumur pada pagi hari. Air kunyit ini sangat baik untuk mengatasi infeksi tenggorokan.

2. Teh jahe
Jahe juga dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat. Jahe juga bagus untuk kesehatan tenggorokan. Anda hanya perlu menjadikan teh untuk mengatasi infeksi tenggorokan yang anda derita. Teh jahe ini bahkan diklaim sebagai bahan alami yang bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan dengan cepat.

Caranya : Memarkan beberapa ruas jahe, kemudia rebus dengan air hingga mendidih. Tambahkan gula jawa atau gula biasa didalamnya. Akan lebih nikmat jika disajikan ketika masih panas.

3. Teh raspberry
Bahan alami untuk mengatasi infeksi tenggorokan selanjutnya adalah teh raspberry. Anda bisa menggunakan teh ini untuk berkumur atau diminum untuk meredakan radang pada tenggorokan anda.

Caranya : Letakkan dua sendok teh daun raspberry kering ke dalam cangkir. Lalu tuangkan air panas di dalamnya. Diamkan hingga minuman menjadi hangat. Jika rutin mengonsumsinya, tenggorokan anda akan merasa lebih baik.

4. Air garam
Berkumur air garam secara teratur sangat baik untuk mengatasi infeksi tenggorokan. Cara membuatnya pun sangat mudah dan sederhana sekali.

Caranya : Tambahkan sejumput garam pada air mendidih kemudian campurkan. Diamkan sejenak sampai air menjadi hangat atau setengah dingin. lalu berkumurlah dengan air garam tersebut. Anda akan merasakan khasiatnya.

5. Daun sage
Bahan alami untuk mengatasi infeksi tenggorokan yang terakhir adalah dengan menggunakan daun sage. Tanaman herbal ini memang sangat baik untuk kesehatan. Salhsatunya untuk meredakan infeksi tenggorokan.

Caranya : Campurkan satu sendok teh daun sage dengan air hangat. Diamkan sejenak, kemudian minum ramuan alami tersebut untuk mengatasi infeksi tenggorokan anda.

Itulah 5 Bahan alami untuk mengatasi infeksi tenggorokan. Jika infeksi yang anda derita belum juga ada berubahan, itulah saatnya bagi anda untuk memeriksakannya pada dokter ahli. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi