Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan - Siapa yang tidak kenal buah rambutan? Hampir semua orang pasti tahu dan pernah makan buah ini. Rasanya yang manis ketika kulitnya sudah berwarna merah dapat membuat orang ketagihan ketika mengonsumsinya. Buah musiman ini sudah familiar dan gampang ditemukan dimana saja.

Rambutan yang mempunyai nama ilmiah Nephelium laapaceum termasuk tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak - lerakan atau sapindaceae. Buah ini berasal dari daerah kepulauan di asia tenggara. Tahukah anda kenapa buah ini dinamakan rambutan? Kata rambutan berasal dari bnetuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

manfaat buah rambutan bagi kesehatan

Buah rambutan ini sangat kental dengan rasanya. Ketika masih berkulit hijau rasanya asam ketika dimakan, tetapi ketika sudah berwarna merah, rasanya sangat manis dengan kulit yang tebal. Buah ini juga memiliki berbagai macam varietas. Salah satu yang terkenal adalah rambutan aceh. Rambutan jenis ini sangat manis ketika sudah merah, buahnya tebal serta bijinya yang kecil.

Tapi tahukah anda, disamping rasanya yang manis dan asam, buah rambutan ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan anda. Apa saja manfaatnya? berikut dibawah ini adalah manfaat buah rambutan bagi kesehatan :

1. Menguatkan sistem imun tubuh
Buah rambutan terkenal dengan kandungan tembaga di dalamnya dan itu sangat bermanfaat dalam pembuata sel darah putih. Nah, sel darah putih inilah yang berguna melawan berbagai macam virus, kuman serta bakteri yang dapat membahayakan tubuh and.

2. Menjaga tubuh dari radikal bebas
Setiap hari ketika kita bernafas, udaa yang kita hirup dapat membawa zat - zat yang berbahaya yang bernama radikal bebas. Kandungan vitamin C pada buah rambutan bermanfaat untuk menjaga dan melindungi tubuh dari radikal bebas tersebut.

3. Mencegah anemia
Manfaat buah rambutan bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Sumber zat besi dalam buah rambutan dapat menghindarkan dari anemia,  rasa pusing serta membuat seseorang tidak mudah lelah dengan aktifitas kerja yang begitu berat.

4. Mendongkrak energi tubuh
Bagi anda yang sering merasa capek ketika melakukan rutinitas kerja setiap hari , mengkonsumsi buah rambutan dapat meningkatkan energi dengan cepat. Hal ini dikarenakan buah rambutan mengandung sejumlah karbohidrat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

5. Mencegah kanker
Buah rambutan juga mengandung azam gallic yang terbukti dapat mengahancurkan berbagai macam radikal bebas yang berpotensi menimbulkan kanker yang berada dalam tubuh anda.

6. Menyehatkan ginjal
Manfaat buah rambutan bagi kesehatan yang lainnya adalah dapat menyehatkan ginjal. Kandungan fosfor dalam buah rambutan berperan aktif untuk menghilangkan berbagai limbah yang terkonsentrasi di dalam organ ginjal anda.

7. Menurunkan berat badan
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, mengkonsumsi buah rambutan adalah pilihan yang tepat. Buah ini mengandung sumber serta dan air, sehingga ketika anda mengkonsumsinya akan mengenyangkan tubuh anda dan membuat anda tidak mudah lapar dalam waktu yang relatif lama.

itulah buah rambutan bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Meskipun tidak mengetahui manfaatnya, saya yakin anda sudah pasti menyukai buah ini. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus