Ingin Fungsi Otak Maksimal? Konsumsi 6 Makanan Sehat Ini!

Seiring dengan menuanya kita, biasanya akan diikuti dengan kemampuan mengingat yang menurun pula. Potensi untuk menjadi pikun pun tidak bisa dihindarkan. Menurunnya kemampuan mengingat kemudian pikun tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua, bahkan anda pun yang berusia muda juga bisa mengalami hal ini. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada anda, bukan?


Lalu, bagaimana caranya agar kemampuan otak dan daya ingat kita bisa maksimal? Mudah saja, anda bisa mengonsumsi beberapa makanan sehat yang bisa meningkatkan fungsi otak anda seperti berikut dibawah ini :

1. Minyak ikan
minyak ikan sudah sejak dulu dikenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan kemampuan otak. Hal ini dikarenakan di dalam miyak ini terkandung asam semak omega 3, EPA dan DHA yang sangat dibutuhkan otak. Mengonsumsi minyak ikan juga bisa menghindarkan anda dari demensia yaitu penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak.


2. Brokoli
Sayuran yang satu ini banyak mengandung vitamin K di dalamnya, dimana vitamin tersebut diketahui mampu meningkatkan fungsi kognitif serta meningkatkan kemampuan otak anda. 


3. Bayam
Sama halnya dengan brokoli, sayuran hijau yang sangat digemari banyak orang ini dipenuhi dengan nutrisi, terutama magnesium. Menurut para peneliti dijepang, magnesium ini bisa meningkatkan kemampuan aliran darah ke seluruh tubuh dan otak anda.


4. Kenari
Sebuah penelitian yang dilakukan di spanyol mengungkapkan bahwa orang yang rajin makan kenari setiap hari bisa meningkatkan memori otak mereka hingga 19 persen. Kandungan polifenol dalam kenari dipercaya dapat meningkatkan komunikasi antar neouron dalam otak. Karena itulah, anda perlu menambahkan kenari dalam menu sehat harian anda.


5. Tomat
Salah satu makanan yang banyak mengandung air ini, menurut studi yang dilakukan menunjukkan bahwa kandungan likopen (antioksidan) di dalamnya mampu melindungi tubuh dari segala jenis kerusakan yang dipicu oleh radikal bebas. Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan potensi demensia, khususnya alzheimer.

6. Kopi
Anda suka minum kopi? Jika iya, anda beruntung sekali sebab kopi bisa meningkatkan kemampuan otak. Hal ini terbukti berdasar penelitian yang dilakukan di inggris bahwa 20 samapi 30 miligram kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan kemampuan otak.

Itulah 6 makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak anda.  Jadi, jangan ragu - ragu lagi untuk menambahkan makanan tersebut dalam menu harian anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi