9 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Manfaat brokoli bagi kesehatan - Siapa sich yang tidak tahu brokoli? Hampir semua kalangan terutama ibu - ibu pasti pernah memasakan sayuran ini. Seperti yang dilansir wikipedia, Sayuran yang termasuk dalam kubis - kubisan ini berasal dari daerah laut tengah dan sudah sejak zaman yunani kuno di budidayakan. Tanaman ini masuk ke indonesia di sekitaran tahun 1970 dan hingga kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Tidak semua bagian dari sayuran yang biasanya hidup pada cuaca dingin ini bisa dimakan. Bagian yang bisa dimakan hanya bagian kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala tersebut dikelilingi dedaunan. Sayuran ini paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih.

Manfaat brokoli bagi kesehatan

Brokoli dikenal sebagai sayuran paling sehat di dunia karena kandungan vitamin dan nutrisinya sangat tinggi. Mengonsumsi brokoli bisa meningkatkan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Apa saja manfaat brokoli bagi kesehatan? Berikut dibawah ini adalah beberapa diantaranya :

1. Mengonsumsi brokoli mampu mengatur gula darah anda dan mencegah lonjakan kadar gula, hal ini bisa membantu anda terhindar dari serangan diabetes.

2. Brokoli banyak mengandung vitamin C, vitamin K, dan asam lemak omega 3. Semua kandungan tersebut mampu meningkatkan memori, kecerdasan dan kesehatan otak anda.

3. Brokoli bermanfaat menjaga kesehatan sistem saraf anda, hal ini dikarenakan brokoli kandungan kalium dan magnesium pada sayuran ini sangat tinggi.

4. Brokoli terbukti bisa menguatkan tulang anda karena brokoli sangat tinggi akan kalsium.

5. Brokoli merupakan makanan detoks alami yang bermanfaat untuk membersihkan lambung dan usus, dengan mengonsumsi brokoli anda bisa membersihkan sistem pencernaan anda.

6. Kandungan zat antioksidan pada brokoli seperti flabonoid, karotenoid, lutein, beta-karoten dan xeaxanthin mampu mencegah pengaruh radikal bebas dalam tubuh anda.

7. Brokoli penuh dengan serat larut yang mampu menurunkan kolesterol. Bagi anda penderita kolesterol tinggi, sangat cocok untuk mengonsumsi sayuran ini untuk menurunkan kolesterol anda.

8. Brokoli mampu menyehatkan kulit anda sebab kandungan glucoraphanin didalamnya bisa membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mempromosikan kesehatan kulit.

9. Brokoli adalah salah satu makanan dengan zat anti kanker yang paling kuat karena didalamnya banyak terkandung nutrisi, mineral dan anti-oksidan.

Itulah 9 manfaat brokoli bagi kesehatan. Setelah mengetahui manfaatnya, semoga anda menjadi lebih suka untuk mengonsumsi sayuran sehat ini.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus