8 Bahan Alami Untuk Redakan Nyeri Dan Bengkak Akibat Keseleo

Saat anda berolahraga ataupun melakukan aktifitas ringan, secara tidak sengaja terkadang ada bagian tubuh yang keseleo seperti kaki ataupun tangan anda. Akibatnya, bagian yang keseleo tersebut akan terasa sakit bahkan mengalami pembengkakan. Jika dibiarkan, tentu hal itu bisa mengganggu aktifitas anda.

Bahan Alami Untuk Redakan Nyeri Dan Bengkak Akibat Keseleo

Hal pertama yang mungkin akan anda lakukan adalah memijatnya. Nah, untuk membantu meredakan nyeri dan bengkat akibat keseleo tadi, coba anda gunakan beberapa bahan alami dibawah ini :

1. Almond oil
Gunakan almond oil dengan campuran satu sendok minyak garlic oil, hangatkan terlebih dahulu hingga beberapa menit. Setelah itu, gunakan kedua campuran bahan ini untuk memijat bagian yang sakit akibat keseleo tersebut. Campuran kedua bahan ini berkhasiat menghilangkan rasa sakit dalam waktu yang relatif cepat.

2. Kunyit dan lemon
Kombinasi dua bumbu dapur ini bisa membantu menyembuhkan serta menghilangkan peradangan akibat terkilir. Caranya pun sangat mudah, tumbuklah beberapa ruas kunyit keduian campur dengan satu sendok air perasan lemon, lalu oleskan pada bagian yang sakit karena keseleo tersebut. Atau jika anda mau, anda juga bisa membungkus bagian yang nyeri dengan kain katun yang sudah dilumuri dengan ramuan tadi.

3. Gel chesnut
Gel dari tumbuhan chesnut diketahui mengandung zat aescin yang bermanfaat untuk mengatasi akibat keseleo seperti mengurangi rasa sakit serta peradangan pada otot. Zat tersebut juga bisa membantu meulihkan otot yang terkilir. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan gel chesnut ini pada bagian yang terkilir tadi.

4. Bawang putih
Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit, peradangan akibat keseleo serta bisa mempercepat proses penyembuhannya. Hal ini dikarenakan dalam bawang putih banyak terdapat kandungan gizi seperti vita A, B6 dan E serta mineral seperti potassium, sodium dan zat besi. Caranya sangat gampang, Ambil beberapa bawang putih lalu cincang, setelah itu bungkus dengan kain katun halus, peras hingga mengeluarkan minyak. Oleskan minyak hasil perasan bawang putih tadi sambil dipijat secara perlahan.

5. Seledri
Selain bawang putih, anda juga dapat menggunakan seledri untuk mengatasi keseleo. Caranya, tumbuk beberapa daun seledri lalu beri sedikit air. Oleskan pada bagian yang terasa sakit akibat keseleo tersebut. (baca juga : 9 manfaat seledri untuk kesehatan)

6. Castor oil
Castor oil mungkin masih terasa asing ditelinga anda. Castor oil merupakan minyak dari daun jarak yang juga bermanfaat untuk meredakan sakit otot akibat keseleo. Untuk menggunakannya pun sangat mudah, anda cukup mengoleskan castor oil yang sebelumnya sudah dihangatkan pada bagian yang sakit, lalu pijat perlahan hinga 10 sampai 15 menit.

7. Minyak kayu putih
Anda juga bisa menggunakan beberapa sendok minyak kayu putih dengan campuran minyak rosemary. Pijat pada bagian yang dirasa sakit akibat keseleo tadi secara perlahan. Hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otot yang terkilir sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

8. Jus nanas
Zat bromelain yang terkandung dalam buah ini bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi saat bagian tubuh anda keseleo. Anda bisa membuat jus nanas dua kali sehari untuk mempercepat pemulihan otot yang keseleo.

Itulah 8 bahan alami untuk redakan nyeri dan bengkat akibat keseleo. Untuk mempercepat proses penyembuhan, cobalah untuk mengurangi gerak anda terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi