Cara Mudah Dan Alami Menurunkan Hipertensi

Cara mudah dan alami menurunkan hipertensi - Menurut Wikipedia, Hipertensi atau yang lebih dikenal juga sebagai tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan tekanan darah ini terjadi karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah  ke seluruh bagian tubuh.

Penyakit ini merupakan faktor resiko utama untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri dan penyebab penyakit ginjal kronik. Bahkan peningkatan sedang tekanan darah arteri terkait dengan harapan hidup yang lebih pendek. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi resiko terkait komplikasi kesehatan.  Walau pun begitu, penggunaan obat seringkali diperlukan pada sebagian orang apabila perubahan gaya hidup saja terbukti tidak efektif atau tidak cukup dan biasanya obat harus di minum seumur hidup sampai dokter memutuskan utnuk tidak perlu minum obat lagi.

Cara mudah dan alami menurunkan hipertensi

Bagi anda yang menderita hipertensi dan sudah mengonsumsi berbagai macam obat tetapi belum juga mengalami perubahan yang signifikan, jangan terlalu khawatir. Sebab masih banyak cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hipertensi, salah satunya adalah dengan cara alami dibawah ini.

Cara mudah dan alami menurunkan hipertensi

1. Berjalan kaki secara rutin dan intens
Berjalam kaki secara intens dan rutin selama 20 menit dalam interval 3 hari seminggu, selain bisa membakar kalori juga berfungsi menurunkan tekanan darah secara stabil. Jika anda bisa menambah durasi berjalan kaki lagi, maka itu bisa lebih baik lagi.

2. Menurunkan berat badan
Salah satu alternative untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan menurunkan kelebihan berat badan anda. Dengan menurunkan berat badan, maka anda mengistirahatkan kerja organ hati dan mengurangi peradangan pemicu tekanan darah tinggi. Karena biasanya kelebihan berat badan juga berpengaruh terhadap kerja ginjal yang begitu berat yang berujung pada terganggunya sistem metabolisme dan hipertensi.

3. Mengonsumsi makanan berbasis mineral
Mengonsumsi makanan yang berbasis mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pengaturan tekanan darah bisa mengandalkan kalium sebanyak dua kali lebih banyak dari natrium setiap harinya.

4. Makan lebih sedikit garam
Garam memang terbukti dapat meningkatkan tekanan darah lewat proses peningkatan kadar cairan dalam darah. Untuk itulah, anda perlu membatasi saat mengonsumsinya. Untuk jumlah yang sehat, cukup konsumsi garam 2.300 miligram setiap hari. Jumlah ini cukup rendah untuk membantu mengembalikan tekanan darah tinggi.

5. Berlatih yoga
Cara mudah dan alami menurunkan hipertensi selanjutnya adalah dengan berlatih yoga. Olahraga ini mampu mengatasi stres dan ketegangan sistem syaraf agar mengurangi tingginya tingkatan hormon stres pemicu pengencangan pembuluh arteri penyebab hipertensi.

6. Melakukan olah tubuh
Berolahraga selain menyehatkan juga terbukti dapat menurunkan berat badan. Beberapa gerakan olah tubuh seperti sit-up, push-up, squat jump sangan aman dan efektif untuk mejaga lonjakan tekanan darah tinggi. Lakukan olah tubuh seperti ini paling tidak dua kali dalam seminggu.

Demikianlah cara mudah dan alami menurunkan hipertensi yang dapat anda lakukan. Ingat, pola hidup anda sangat menentukan kesehatan anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi