Tips Agar Selalu Sehat Dan Bugar Saat Berpuasa

Tips Agar Selalu Sehat Dan Bugar Saat Berpuasa - Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Kehadirannya selalu ditunggu - tunggu oleh semua kaum muslim di dunia. Karena banyak keutamaan dari bulan ini yang dapat kita raih. Salh satunya adalah malam lailatur qodar yang biasanya jatuh pada sepertiga malam terakhir di bulan ramadhan.

Agar kita bisa menjalaninya sebulan penuh untuk meraih keistimewaan itu, kita harus selalu menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Sangat susah memang, mengingat kita ketika berpuasa diharuskan untuk menahan lapar dengan tidak makan dan minum hingga sampai menjelang maghrib, tentu tubuh kita akan menjadi lemas.

Tips Agar Selalu Sehat Dan Bugar Saat Berpuasa

Tetapi anda jangan khawatir, meskipun berpuasa anda dapat menjaga tubuh anda tetap sehat, bugar dan berenergi sehingga dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar. Terapkan saja 5 tips agar selalu sehat dan bugar ketika berpuasa berikut ini :

1. Jaga kebersihan badan dan gigi anda
Ingat, meskipun berpuasa anda perlu untuk menjaga kebersihan badan, mulut serta gigi anda. Selain menggosok gigi, jika diperlukan anda juga dapat menggunakan pembersih lidah. membersihkan lidah akan menjaga kesehatan gigi dan gusi anda. Mulut jika di umpamakan adalah sebuah portal untuk kesehatan tubuh anda. Ketika mulut dan gigi anda sudah sehat, maka sistem pencernaan anda juga akan terjaga kesehatannya.

2. Lakukan hal yang menyenangkan
Ketika anda berpuasa, rasa lapar dan haus tentu akan menyerang. Tapi bukan berarti karena hal itu akan menjadikan anda bermalas - malasan. Lakukanlah hal - hal yang menyenangkan dengan menjadwalkan sejumlah kegiatan dengan teman - teman atau keluarga anda. Ini yang perlu anda ketahui, ketika merasa senang dan bahagia, produksi hormon serotonin dalam tubuh anda bisa meningkat. Anda pun tidak akan mudah stres dan puasa anda akan terasa lebih ringan dijalani.

3. Perbanyak minum air serta kurangi mengonsumsi gula dan garam
Struktur tubuh kita lebih banyak mengandung cairan. Karena itulah penuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan dengan meminum air minimal 8 gelas sehari. Tetapi anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Selain itu, kurangi juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan garam. Dengan mengurangi konsumsi kedua bahan tersebut, anda bisa berpuasa dengan lebih mudah dan terhindar dari bau mulut tak sedap atau mudah haus. Karena gula dan garamlah yang bisa menyebabkan bau mulut dan mudah haus tersebut.

4. Jangan makan terlalu banyak saat buka dan sahur
Rasa haus dan lapar setelah seharian tidak makan dan minum, tentu ketika berbuka kita cenderung untuk makan sepuasnya. Padahal bulan puasa, tidak semata - mata hanya menahan haus dan lapar saja. Anda harus bisa membedakan antara puas dan kenyang.  Diawal berpuasa, anda pasti berpikir untuk makan makanan yang tersaji dan menghabisinya hingga anda puas. Tetapi itu tidak baik bagi tubuh anda.

Saat anda makan, usahakanlah untuk mengunyahnya secara perlahan, jangan terburu - buru menghabiskan dengan segera menelannya. Makan secara perlahan berarti memberi kesempatan kepada makanan anda untuk terpecah dan terkunyah hingga akhirnya bisa di cerna secara maksimal.  Makanan yang dinikmati dengan perlahan dan sepenuh hati akan memberi kepuasan untuk perut anda sekaligus untuk ketenangan jiwa anda.

5. Mengatasi rasa pusing dan lapar saat puasa
Saat awal berpuasa, karena belum terbiasa tentu anda akan merasa haus, lapar dan sering merasa pusing. Hal ini memang wajar terjadi, karena tubuh anda perlu penyesuaian. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi makanan yang butuh dicerna lebih lama. Ketika sahur, cobalah untuk makan makanan yang banyak mengandung serat, bulir utuh serta biji - bijian, karena makan dengan jenis ini bisa menunda lapar anda ketika berpuasa.

itulah 4 tips agar tetap sehat dan bugar ketika berpuasa. lakukanlah semua tips diatas agar anda dapat menjalani ibadah puasa anda secara lancar. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus