Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Minggu, 06 Juli 2014

6 Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa - Bulan ramadhan mengharuskan kita untuk tidak makan dan minum sepanjang hari. Jadi jangan heran, ketika kita berpuasa akan mengalami bau mulut. Bau mulut ini biasanya disebabkan karena keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa makanan dan air, kalenjer ludah kita tidak memproduksi air liur dalam jumlah yang cukup yang dapat menjaga nafas tetap segar.

Bau mulut yang ditimbulkan ketika berpuasa tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. Selain bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri, tentu bau mulut ini akan membuat kita merasa malu di hadapan orang lain. 


Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan agar nafas tetap segar sepanjang hari ketika berpuasa dan terhindar dari bau mulut yang tak sedap. Berikut di bawah ini adalah beberapa tips mengatasi bau mulut saat berpuasa :

1. Meskipun sedang berpuasa, tetap sikat gigi anda seperti biasanya. Usahakan untuk menyikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut.

2. Perbanyaklah minum air putih ketika sudah berbuka sampai menjelang sahur. Cukupi kebutuhan tubuh anda dengan mengonsumsi 8 gelas air. Dengan tercukupinya kebutuhan tubuh terhadap cairan bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Hal ini di sebabkan karena air putih yang kita konsumsi mengandung saliva di dalam mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga.

3. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti jengkol, petai maupun durian saat berpuasa. Jika perlu, kurangi juga penggunaan bumbu dapur yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang merah dan bawang putih.

4. Gunakan obat kumur anti septik yang banyak beredar dipasaran untuk menghilangkan bau mulut secara maksimal. Anda juga bisa membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi menggunakan tusuk gigi serta jangan lupa untuk menggosok gigi anda sebelum tidur.

5. Konsumsi teh hijau tanpa gula ketika berbuka dan makan sahur untuk membantu mengatasi bau mulut tak sedap. Kandungan polypenol pada teh hijau terbukti dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan anda. Selain itu juga minum teh hijau dapat mengurangi peradangan pada rongga mulut dan mengatasi gangguan pernafasan yang disebabkan oleh asap rokok.

6. Berkumur terbukti dapat membantu membersihkan mulut. Ketika anda akan berwudhu usahakan untuk berkumur terlebih dahulu dan lakukan itu dengan benar. Hal ini untuk membersihahkan kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

Itulah 6 tips mengatasi bau mulut saat berpuasa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bau mulut. Tidak ada alasan untuk selalu menjaga kebersihan terutama mulut meskipun sedang berpuasa. Semoga bermanfaat.
6 Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri