14 Makanan Untuk Awet Muda Pencegah Penuaan Dini

Seiring dengan menuanya usia, tidak heran jika itu akan dikuti dengan perubahan yang terjadi pada kulit seperti kulit yang mengendur serta keriput pada wajah. Ya, walaupun penuaan merupakan hal yang alami, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan perawatan untuk menjaga agar kulit dan wajah kita tetap terjaga kesehatannya dan tampak awet muda. 

Untuk menjaga kulit agar selalu tampak awet muda bukanlah hal yang sulit. Jangan bayangkan anda akan mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan perawatan kulit, sebab itu bisa dilakukan hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dibutuhkan tubuh untuk membantu regenerasi sel kulit.

Makanan Untuk Awet Muda Pencegah Penuaan Dini

Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa mencegah penuaan dini sehingga kulit anda akan selalu tampak awet muda :

1. Bayam
Bayam merupakan sayuran dengan sejuta manfaat di dalamnya. ini dikarenakan sayuran ini banyak mengandung serat, kalium, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.


2. Kacang - kacangan
Segala jenis makanan yang berasal dari kacang - kacangan seperti kacang polong, buncis, kacang merah juga mampu melawan penuaan kulit. Kacang - kacangan tersebut sangat kaya akan protein, serat dan juga rendah karbohidrat, sangat tepat anda konsumsi terutama ketika sedang melakukan program diet. Selain itu, kandungan antiperadangan di dalamnya juga mampu memperlambat proses penuaan dini pada kulit anda.

3. Ikan salmon
Selain rasanya yang nikmat ketika sudah dimasak, ikan salmon juga bagus untuk memperlambat proses penuaan dini, karena kandungan antioksidan di dalamnya yan tinggi. Tidak hanya itu saja, kandungan omega-3 dan proteinnya juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Kunyit
Tidak jauh beda dengan salah satu rempah - rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini, kunyit juga mengandung antioksidan tinggi serta antiperadangan yang bisa memperlambat proses penuaan.

5. Almond
Selain mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menutrisi rambut dan kulti anda, sering konsumsi almond yang juga kaya magnesium juga bisa memperlambat proses penuaan pada kult.

6. Stroberi
Salah satu buah berry ini diketahui mengandung banyak vitamin C yang bagus untuk tubuh. Selain itu, stroberi juga mengandung asam alegik yang dapat mengurangi kerusakan pada DNA yang bisa memicu timbulnya kerutan di kulit.

7. Wortel
Salah satu penyebab penuaan dini pada kulit adalah sinar UV matahari. Dengan mengonsumsi wortel yang mengandung beta karoten di dalamnya, bisa melindungi kulit dari efek sinar matahari.

8. Paprika merah
Sama halnya dengan woertel, paprika merah juga mengandung beta karoten dan vitamin C yang bisa berperan dalam pembentukan kolagen secara alami sehingga bisa mengencangkan kulit.

9. Anggur
Buah anggur diketahui mengandung anthocyanins yang bermanfaat mencegah vena melilit, membantu pembentukan kolagen serta mampu menguatkan pembuluh darah yang berfungsi menyebarkan oksigen dan nutrisi sekaligus membuang racun dalam tubuh.

10. Bawang bombay
Kandungan flavonid dan diallyl sulfide dalam bawang bombay berperan sebagai antioksidan pelindung DNA yang bisa menghambat proses penuaan. Selain itu, kedua zat tersebut juga berperan sebagai anti peradangan dan alergi.

11. Minyak zaitun
Minyak zaitun diketahui mengandung asam oleat yaitu lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat sebagai anti peradangan serta dapat menjaga kelenturan kulit terutama bagi kulit yang kering.

12. Apel
Buah apel juga bisa membantu memperlambat proses penuaan pada kulit lho. Ini dikarenakan buah ini mengandung flavonid serta antikoksdan yang mampu memerangi penuaan dini pada kulit. Selain itu kedua zat tersebut juga mampu melindungi tubuh dari kanker paru - paru dan usus.

13. Kentang
Kentang di dalamnya terdapat mineral natrium dengan kadar alkalin tinggi yang bisa memperbaiki aktifitas hati sehingga jaringan kulit menjadi elastis dan otot juga lentur.

14. Alpukat
Kandungan vitamin E dalam buah alpukat mampu memerangi radikal bebas dan merangsang pembentukan sel kulit baru serta menguatkan jaringan kolagen dan membantu mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Demikianlah beberapa makanan untuk awet muda pencegah penuaan dini yang bisa anda konsumsi. Janganlupa, selalu terapkan pola hidup sehat agar anda bisa awet muda dan terhindar dari penuaan dan segala macam penyakit. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus