Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Sabtu, 27 Juni 2015

7 Tips Agar Tubuh Tidak Gampang Sakit Ketika Berpuasa

Berpuasa pada bulan ramadhan pada dasarnya bertujuan untuk membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa. Tapi, tidak bisa dipungkiri berpuasa juga mendatangkan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar.

Tapi sayangnya, pada awal - awal puasa tubuh kita baru belajar beradaptasi dengan puasa yang dilakukan. Sehingga tidak jarang ada beberapa orang yang mengalami beberapa keluhan pada awal - awal puasa, seperti gangguan pencernaan, sembelit karena kurangnya asupan serat dan cairan serta yang lainnya.

Tips Agar Tubuh Tidak Gampang Sakit Ketika Berpuasa

Jika masalah ini dibiarkan berlarut - larut, tentu akan mengganggu ibadah puasa anda. Apalagi puasa tersebut tidak hanya dilakukan sehari atau dua hari saja, melainkan sebulan. Tentu diperlukan tubuh yang fit agar tidak gampang sakit saat berpuasa.

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tidak gampang sakit selama berpuasa ramadhan, seperti yang blog ini lansir dari Ramadan.co.uk :

1. Konsumsi kurma saat berbuka
Saat adzan berkumandang, jangan langsung mengonsumsi makanan besar meskipun anda merasa sangat lapar. Jika itu dilakukan, biasanya akan berakhir pada konsumsi kalori yang berlebih. Cobalah dengan makan buah kurma beberapa biji dan minum dengan segelas air putih terlebih dahulu.

2. Minum air putih yang cukup
Tubuh manusia terdiri hampir 60 persen cairan. Pada saat berpuasa, tentu kebutuhan tubuh terhadap cairan ini harus selalu dipenuhi. Cobalah minum teratur dengan komposisi dua gelas saat berbuka, empat gelas ketika malam hari serta dua gelas lagi saat sahur. Dengan cara ini, tubuh anda akan selalu terhidrasi saat berpuasa.

3. Makan makanan yang seimbang
Pastikan anda mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Misalnya nasi merah, ayam, tahu, tempe, sayuran, buah - buahan serta segelas air putih atau susu. Asupan gizi dari makanan yang seimbang tersebut tentu akan membantu tubuh anda selalu sehat dan bertenaga. Ibadah puasa anda pun tidak akan terlewatkan.

4. Tidur yang cukup
Ingat, kurang tidur bisa mempengaruhi kinerja otak anda serta dapat menyebabkan sejumlah penyakit lainnya dalam jangka panjang. Jadi usahakan anda tidur lebih cepat dari biasanya, misalnya sehabis terawih karena anda harus bangun untuk sahur.

5. Hindari minuman yang manis
Tanpa anda sadari, minuman manis yang anda temui kemudian dikonssumsi secara rutin bisa memenuhi 1000 kalori yang dibutuhkan tubuh. Agar anda terhindar dari kenaikan berat badan selama berpuasa, energi yang dikeluarkan harus lebih banyak dari pada energi yang masuk. Salah satunya dengan menghindari minuman yang manis - manis tersebut.

6. Jangan lewatkan sahur
Bangun pada sepertiga malam untuk santap sahur selama berpuasa terkadang orang merasa malas - malasan, apalagi jika mata masih sangat mengantuk. Sehingga tidak jarang banyak orang yang melewatkan sahur agar bisa tidur lebih lama. Jelas, hal itu salah. Usahakanlah anda bangun untuk bersantap sahur. Konsumsilah sayuran, biji - bijian, serta buah - buahan. Jangan lupa perbanyak konsumsi air putih agar anda terhidrasi sepanjang hari.

7. Hindari kafein
Jika anda suka minum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya, cobalah kurangi mengonsumsinya ketika sedang berpuasa. Sebab kafein merupakan diuretik yang bisa membuat anda lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang.

Baca juga : 
Itulah 7 tips agar tubuh tidak gampang sakit saat berpuasa yang bisa anda lakukan. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, tentu puasa yang anda lakukan akan lancar sampai selesai. Semoga bermanfaat.
7 Tips Agar Tubuh Tidak Gampang Sakit Ketika Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri