Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan - Tidak terasa kita sudah memasuki hari ke 4 puasa di bulan Ramadhan. semoga ke depannya kita semakin kuat untuk menjalaninya tanpa halangan apapun. Memang di hari - hari permulaan kadang kita terasa berat untuk berpuasa karena belum terbiasa. Rasa lapar dan haus yang menyerang seakan memaksa kita untuk segera makan dan minum.

Eits, tapi tunggu dulu walau bagaimanapun juga kita harus menjalaninya. Sebab puasa adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap umat islam yang tidak berhalangan. Bulan puasa ini adalah moment yang sangat tepat untuk membersihkan diri dari segala dosa yang pernah kita perbuat.

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

Terkadang banyak orang yang enggan berpuasa dengan alasan tidak kuat menahan lapar dan haus sepanjang hari. Banyak juga yang beranggapan dengan berpuasa tubuh akan cenderung mudah terserang penyakit. Itu persepsi yang salah, bahkan banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa berpuasa justru sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaatnya? berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan :

1. Dapat menurunkan berat badan
Manfaat berpuasa bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan dengan berpuasa sistem pencernaan dalam tubuh terutama usus akan bersih dari sisa - sisa makanan. Efek penimbunan lemak dalam tubuh pun akan berkurang seiring dengan kondisi usus yang semakin bersih.

2. Dapat mencegah diabetes
Berpuasa pada bulan ramadhan seperti sekarang ini ternyata bisa mencegah terjadinya penyakit diabetes lho. Sebab berpuasa akan memaksa tubuh mengontrol kadar lemak dan gula yang masuk ke dalam tubuh. Dampak positifnya adalah tubuh anda akan terhindar dari resiko penyakit diabetes.

3. Meningkatkan performa sistem imun dalam tubuh
Berpuasa akan membuat tubuh seseorang lebih kebal terhadap penyakit. Hal ini dikarenakan terjadi peningkatan kadar limfosit hingga 10 kali lipat di dalam tubuh. Jadi mulai sekarang buang anggapan anda bahwa berpuasa akan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

4. Membuat hati tenang dan tentram
Hidup senang dengan hati yang tenang dan tentram tentu adalah impian semua orang. Inilah waktunya anda untuk memperoleh ketenangan itu. Sebab salah satu perintah terberat puasa adalah bagaimana menahan emosi. Berpuasa secara psikologis akan membuat hati menjadi lebih tenang dan tentram. Sedangkan dari segi medis, berpuasa akan menurunkan kadar andrenalin dalam tubuh. Reaksi positifnya bagi kesehatan misalnya adalah dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan otak.

Itulah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga setelah anda mengetahui semua hal tersebut, anda akan lebih bersemangat lagi untuk menjalani ibadah puasa pada bulan ramadhan ini.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus