5 Hal Tak Terduga yang Bisa Merusak Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh agar selalu sehat. Sistem imun ini bisa membantu kita melawan berbagai serangan dari virus, bakteri serta jamur yang bisa menyebabkan beragam penyakit bagi tubuh. Dengan rusak dan menurunnya sistem imun, maka tubuh tidak lagi mempunyai perisai untuk melawan penyakit.

5 Hal Tak Terduga yang Bisa Merusak Sistem Imun Tubuh

Nah, tahukah anda? Ternyata ada beberapa hal yang tidak terduga ternyata bisa merusak sistem imun tubuh kita? Apa saja hal tersebut? Berikut dibawah ini seperti yang dilansir klikdokter.com :

1. Kurang tidur
Itulah mengapa banyak pakar kesehatan sering menyarankan agar tidur anda tercukupi, paling tidak 8 jam setiap malamnya. Ketika kurang tidur, tubuh anda tidak bisa memproduksi melatonin dengan cukup, maka sistem imun tubuh anda tidak dapat membuat sel darah putih yang cukup, sehingga tidak bisa membantu tubuh untuk melawan penyakit.

2. Stres berkepanjangan
Masalah psikologi seperti stres ternyata bisa menyebabkan menurunnya sistem imun lho. Stres yang lama bisa meningkatkan kadar kortisol yang dapat mengurangi kadar hormone testosteron dan entrogen dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon ini dapat mengurangi kerja dari sistem imun tubuh kita.

3. Polusi udara
Polusi udara seperti sekarang ini, baik yang berasal dari asap pabrik maupun kendaraan bermotor juga berpotensi merusak sitem imun tubuh kita. Bahkan sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa polusi udara dapat mensupresi T-cell (komponen sistem imun), dimana apabila hal ini terjadi bisa memicu peradangan di seluruh tubuh.

4. Duduk yang lama
Aktifitas kerja yang mengharuskan anda harus duduk berlama - lama bahkan hingga sepanjang hari juga bisa merusak sistem imun tubuh. Duduk yang lama seperti itu bisa menyebabkan perlambatan dari metabolisme yang bisa menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi berkurang.

5. Terlalu banyak mengonsumsi daging hewan
Jika anda terlalu banyak mengonsumsi daging, maka hal itu bisa membuat tubuh anda memproduksi hormon IGF 1 yang berlebihan, sehingga bisa memicu proses penuaan dan menghambat kerja sistem imun tubuh.

Itulah 5 hal tak terduga yang bisa merusak sistem imun tubuh kita. Jangan lupa juga, konsumsi makanan sehat dan bergizi agar tubuh anda tetap terjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus