4 Hal Penyebab Menurunnya Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh agar selalu sehat. Dengan menurunnya sistem imun ini, tentu tubuh tidak lagi mempunyai perisai untuk melawan penyakit. Resiko untuk terserang penyakit pun bisa meningkat, baik penyakit ringan seperti flu ataupun yang mematikan seperti HIV.

Penyebab Menurunnya Sistem Imunitas Tubuh

Tubuh sebenarnya memiliki sistem imun yang alamiah. Tetapi karena gaya hidup tidak sehat seseorang serta pola makan yang tidak seimbang, membuat sistem imun alami tubuh tersebut menjadi menurun. Selain itu, terdapat juga beberapa hal yang bisa menurunkan sistem imun tubuh. Apa saja hal tersebut? Berikut dibawah ini :

1. Terlalu lama duduk
Mungkin banyak yang tidak mengetahui hal ini. Duduk dalam waktu yang lama di kursi ternyata dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh. Rendahnya sistem metabolisme menyebabkan tubuh menjadi lemah dalam menyerap nutrisi yang penting bagi sistem imun anda.

2. Terlalu banyak konsumsi protein
Protein memang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi tidak bagus lagi jika anda mengonsumsinya secara berlebihan. Kelebihan protein dalam tubuh, terutama protein hewani dapat memproduksi hormon IGF1 lebih banyak dari jumlah yang seharusnya. Padahal hormon ini tidak baik untuk kesehatan, karena bisa mempercepat penuaan dini serta bisa mengurangi ketahanan sistem imun secara perlahan - lahan.

3. Polusi udara
Polusi udara disekitar kita yang sudah terkontaminasi dengan berbagai macam zat berbahaya dapat menganggu kesehatan anda serta bisa menurunkan sistem imun tubuh anda.

4. Kurang tidur
Tidur merupakan waktu yang baik untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran setelah seharian bergelut dengan berbagai aktifitas. Dengan kurang tidur, maka tubuh pun tidak akan memproduksi melatonin dengan cukup. Tentu hal ini berdampak pada sistem imun tubuh anda yang tidak lagi bisa memproduksi sel darah putih yang dapat melawan bakteri jahat dan memperbaiki kerusakan dalam sel - sel tubuh.

Itulah 4 hal penyebab menurunnya sistem imun tubuh. Mulai sekarang, cobalah lakukan gaya hidup sehat serta terapkan pola makan yang seimbang agar sistem kekebalan tubuh anda selalu terjaga. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi