Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Sabtu, 06 Juni 2015

4 Hal Pemicu Proses Persalinan Terasa Lebih Menyakitkan

Setiap wanita yang tengah hamil, tentu mengidamkan bisa melahirkan melalui proses yang normal. Melahirkan melalui operasi, hanya menjadi alternatif terakhir setelah sang ibu tidak mampu melahirkan secara normal. Berdasar saran medis pun, melahirkan normal juga sangat di rekomendasikan.

Akan tetapi,  satu masalah yang sering ditakutkan oleh para calon ibu, ketika melahirkan secara normal adalah rasa sakit yang dialami. Ya, rasa sakit ini masih menjadi momok menakutkan sehingga banyak yang akhirnya beralih melahirkan melalui proses operasi. Padahal, proses melahirkan secara normal mengindikasikan bahwa si janin dan ibunya dalam kondisi kesehatan yang baik.

4 Hal Pemicu Proses Persalinan Terasa Lebih Menyakitkan

Tahukah anda, ternyata ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan proses melahirkan terasa lebih menyakitkan dari biasanya. Apa saja faktor tersebut? Berikut dibawah ini seperti yang dilansir oleh Healthmeup.com :

1. Rasa takut
Wajar memang jika seorang calon ibu merasa takut pada kelahiran anak pertamanya. Lebih baik, anda merasa rileks dan santai. Pasalnya, bila anda merasa takut tubuh anda akan tegang hingga kesulitan bernafas, sehingga rasa sakit akan terasa lebih akut. Selain itu, ketakutan juga bisa mengganggu hormon yang mengatur proses melahirkan.

2. Dehidrasi
Perlu anda ketahui, cairan dalam tubuh memiliki peranan penting untuk tubuh. Jika anda mengalami dehidrasi, maka rahim tidak bisa berkontraksi secara maksimal dan efisien. Tidak hanya itu saja, dehidrasi ini juga bisa mempengaruhi setiap sel dalam tubuh sehingga anda akan merasa cepat lelah dan hilang konsentrasi. Untuk menjaga sistem imun tubuh tetap bekerja optimal selama proses persalinan, cobalah anda perbanyak minum air putih.

3. Berbaring telentang
Berbaring telentang membuat beran badan bayi menekan ke bawah pada tulang belakang dan memotong suplai darah anda. Hal ini juga akan menempatkan anda pada posisi yang melawan gravitasi sehingga anda akan kesulitan ketika akan mendorong.

4. Stres
Sebisa mungkin ketika anda akan menjalani proses persalinan, hindarilah stres. Stres hanya akan membuat anda tegang dan akan membuat proses melahirkan terasa lebih menyakitkan. Jika anda akan melahirkan di rumah sakit atau tempat persalinan lainnya, mengobrollah dengan orang lain, mintai pendapat mereka agar anda tidak tegang dan stres.

Itulah 4 hal yang bisa memicu proses melahirkan terasa lebih menyakitkan. Agar anda bisa lebih rileks dan tidak tegang, mintalah untuk ditemani pasangan atau orang tua anda ketika akan melahirkan. Semoga bermanfaat.
4 Hal Pemicu Proses Persalinan Terasa Lebih Menyakitkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri