5 Hal Yang Membahayakan Tubuh Saat Dehidrasi

Hal yang membahayakan tubuh saat dehidrasi - Tubuh manusia hampir 70 persen tersusun dari cairan. Tentu saja cairan tersebut memiliki peranan penting di dalam tubuh. Cairan tubuh tersebut diantaranya berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, melancarkan peredaran darah, membuang racun dan sisa makanan serta manfaat lainnya. Jadi, bisa anda bayangkan apa yang akan terjadi jika tubuh anda kekurangan cairan atau dehidrasi? Bisa membahayakan, bukan?

Hal yang membahayakan tubuh saat dehidrasi

Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk memenuhi cairan tubuh guna menghindari masalah dehidrasi tersebut. Nah, dibawah ini adalah 5 hal membahayakan yang bisa terjadi pada tubuh saat dehidrasi seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Boldsky.com :

1. Dehidrasi bisa menyebabkan gagal ginjal
Organ tubuh yang sangat penting ini harus kita jaga kesehatannya. Ginjal berfungsi sebagai penyaring serta membuang racun dalam tubuh anda. Nah, ketika anda mengalami dehidrasi, ginjal tidak akan bisa berfungsi dengan baik dalam membuang racun yang bisa menyebabkan komplikasi dalam tubuh. 

2. Dehidrasi bisa menyebabkan kram otot
Cairan di dalam tubuh memiliki peranan penting, salah satunya untuk kelancaran fungsi otot. Denagan jumlah cairan tubuh yang cukup maka terjadi pula pelumasan yang tepat. Saan anda mengalami dehidrasi biasanya akan disertai dengan kram pada otot, hal ini disebabkan proses pelumasan hilang dan tidak bekerja sesuai fungsinya.

3. Dehidrasi bisa menyebabkan sembelit
Usus akan kekurangan cairam ketika anda mengalami dehidrasi. Karena faktor inilah kasus sembelit pun terjadi. Sembelit akan menyebabkan anda kesulitan saat buang air besar. Parahnya lagi, jika semebelit terjadi berkepanjangan maka bisa menyebabkan pendarahan dan wasir.

4. Dedhidrasi bisa menyebabkan kejang
Dehidrasi bisa menyebabkan jumlah cairan elektrolit dalam tubuh berkurang dan tidak seimbang. Ini bisa membuat kontraksi otot terjadi lebih sering. Jika dibiarkan terlalu, bisa menimbulkan efek yang lebih ekstrim yaitu bisa membuat anda pusing dan kejang.

5. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala
Kekurangan cairan pada tubuh ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala lho? Hal ini karena otak juga memerlukan cairan untuk bekerja dan berfungsi dengan baik. Saat anda dehidrasi maka akan terjadi sakit kepala dari ringan hingga parah.

Itulah 5 hal yang membahayakan bagi tubuh saat dehidrasi. Untuk mencegah masalah ini terjadi, biasakan untuk memnuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak mengonsumsi air. Paling tidak anda harus minum 8 gelas setiap harinya. emoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus