Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Kamis, 21 Mei 2015

Waspadai 4 Masalah Kesehatan Ini Jika Sering Tidur Ngorok

Banyak orang beranggapan bahwa tidur mendengkur atau ngorok adalah hal biasa dan sering dialami oleh banyak orang. Mereka mempersepsikan hal itu terjadi karena dipengaruhi faktor kelelahan. 

Lantas, bagaimana jika anda sedang tidak merasa lelah tapi tetap aja ngorok atau mendengkur ketika sedang tidur? Jika sudah seperti itu, anda wajib mewaspadainya. Sebab, terdapat beberapa masalah kesehatan yang erat kaitannya dengan kebiasaan ngorok tersebut. Apa saja? berikut dibawah ini seperti yang blog kesehatan ini lansir dari DetikHealth :

Waspadai 4 Masalah Kesehatan Ini Jika Sering Tidur Ngorok

1. Masalah tekanan darah
Sebuah studi yang dirangkum dalam Journal of the American medical association mengungkapkan bahwa 70 persen orang ynag menderita hipertensi juga mengalami sleep apnea yaitu henti nafas ketika tidur dengan disertai dengkuran yang keras. Karena itulah, para peneliti berkesimpulan mendengkur bisa jadi pertanda tekanan darah sedanh naik.

2. Resiko stroke
Selain kanker, tidur sering mendengkur juga bisa menjadi pertanda penyakit stroke. Sebuah penelitian  dari henry Ford Health System di Detroid menemukan hubungan antara mendengkur berat dengan kerusakan arteri yang merupakan faktor penyebab utama resiko stroke serta serangan jantung. Para peneliti tersebut juga berasumsi bahwa mendengkur berat juga bisa menyebabkan peradangan serta kerusakan pada arteri.

3. Obesitas
Sebuah studi yang dilakukan di universitas chicago menyatakan bahwa sering mendengkur dan keras yang mengganggu tidur bisa berkontribusi pada peningkatan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena gangguan saat tidur bisa mempengaruhi hormon leptin dan ghrelin yang berperan dalam mengontrol nafsu makan. Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan di brazil juga menemukan bahwa tidur mendengkur dan keras sangat erat kaitannya dengan kualitas tidur yang buruk dan dapat mengganggu sistem metabolisme yang bisa berakibat pada obesitas.

4. Kanker
Para peneliti mengatakan, seseorang yang mengalami sleep apnea atau kesulitan bernafas dengan disertai dengkuran keras ketika tidur, mempunyai kemungkinan lima kali lebih besar meningggal karena kanker. Kesulitan bernafas pada saat sleep apnes bisa mengubah arteri serta pembuluh darah yang diyakini dapat membantu pertumbuhan maupun penyebaran sel kanker.

Itulah  4 masalah kesehatan yang perlu anda waspadai jika sering tidur ngorok. Jika anda menemukan indikasi ke-4 masalah kesehatan tersebut, segaralah konsultasikan pada dokter ahli untuk memperoleh penanganan yang lebih tepat. Semoga bermanfaat.
Waspadai 4 Masalah Kesehatan Ini Jika Sering Tidur Ngorok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri