Awas, 6 Hal Ini Bisa Melemahkan Tulang Tanpa Anda Sadari

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting dalam menyangga tubuh sehingga bisa membantu anda bergerak dan melakukan beragam beraktifitas. Tanpa tulang yang sehat, anda mungkin akan mengalami kelumpuhan. Jika sudah begitu, tentu hal ini akan membatasi gerak anda. Anda pun tidak akan bisa menikmati hidup dengan baik. Karena itulah, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tulang.

Awas, 6 Hal Ini Bisa Melemahkan Tulang Tanpa Anda Sadari

Tahukah anda, ternyata ada beberapa hal yang tanpa disadari bisa melemahkan tulang. Apa saja? Berikut dibawah ini :

1. Kurang olahraga
Olahraga merupakan aktifitas gerak tubuh yang sangat bermanfaat untuk kesehatan termasuk untuk kesehatan tulang. Kurang melakukan aktivitas ini bisa membuat tulang anda lemah. Karena itulah, luangkan waktu sejenak walaupun hanya sekitar 15 menit untuk olahraga agar tulang anda sehat. Anda bisa melakukan jalan kaki ataupun kegiatan lainnya sehingga bisa membuat tulang anda yang kaku menjadi lebih fleksibel dan bebas.

2. Kelebihan garam
Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung garam juga tidak baik untuk kesehatan tulang anda. Hal ini dikarenakan garam bisa mengeluarkan kalsium yang sangat penting untuk tulang melalui urine. Jadi, sebaiknya anda membatasi konsumsi garam serta makanan yang tinggi kandungan garamnya agar tulang anda selalu sehat.

3. Posisi duduk
Posisi duduk terutama duduk dilantai dalam waktu yang lama bisa berdampak buruk pada sendi kaki karena tulang kaki seringkali menjadi aus.

4. Obesitas
Obesitas atau berat badan berlelbih memang tidak baik bagi kesehatan.Selain bisa beresiko diabetes, kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan kerusakan sendi dan juga melemahkan tulang. Jadi, selalu kontrol berat badan anda agar tidak mengalami obesitas.

5. Kurang kalsium
Kalsium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tulang agar tetap kuat. Orang yang tidak mengonsumsi kalsium seperti susu, yougurt maupun makanan sumber kalsium lainnya berisiko tinggi kehilangan kepadatan tulang serta memiliki tulang yang lemah. Mereka yang kekurangan kalsium juga lebih rentan mengalami patah tulang.

6. Tidak kena sinar matahari
Sinar matahari terutama pada pagi hari sangat baik untuk kesehatan terutama untuk kesehatan tulang anda. Vitamin D didalamnya bagus untuk membuat tulang anda kuat.

Itulah 6 hal yang bisa melemahkan tulang tanpa anda sadari. Paling tidak, anda harus memenuhi kebutuhan kalsium harian anda dengan minum susu ataupun yang lainnya agar tulang anda sehat dan kuat. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus