5 Makanan Kaya Nutrisi Yang Penting Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak bisa dipungkiri, makanan yang anda konsumsi memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa, banyak pakar kesehatan menyarankan agar kita sering mngonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi di dalamnya. Sebab, semua nutrisi dalam makanan tersebut bisa membantu sel dalam tubuh meregenerasi serta bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Kesalahan mengonsumsi makanan, hanya akan memberi efek buruk bagi anda, mudah sakit misalnya.

Makanan Kaya Nutrisi Yang Penting Untuk Kesehatan

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa makanan kaya nutrisi yang sebaiknya selalu anda konsumsi. Mengonsumsi semua makanan ini akan memberi efek positif bagi kesehatan anda secara keseluruhan.


1. Ikan
Ikan merupakan sumber makanan asam lemak omega 3, terutama ikan salmon, tuna dan mackarel. Tidak hanya itu saja, ikan tersebut juga mengandung beragam nutrisi lainnya seperti selenium, magnesium, kalium dan juga protein. Bagusnya lagi, ikan juga bisa memperkuat tulang dan sistem imun karena di dalamnya juga banyak terdapat vitamin B kompleks. Tidak hanya itu saja, ikan juga baik untuk kesehatan jantung anda karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Brokoli
Sayuran hijau ini sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingi menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan brokoli ini redah karbohidrat serta banyak mengandung serat yang bagus untuk diet. Brokoli juga mengandung senyawa anti kanker yaitu indole 3 carbinol serta diindolymethane yang bisa menghindarkan anda dari resiko kanker payudara, ovarium, serta kanker prostat. (baca juga : 9 manfaat brokoli bagi kesehatan)

3. Kacang - kacangan
Ingin jantung sehat, coba konsumsi makanan ini. Ya, kacang - kacangan merupakan makanan yang kaya akan lemak asam essensial yang bisa membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, Tentu hal ini bisa memberi dampak positif bagi kesehatan jantung anda. Selain itu, kacang - kacangan juga bisa meningkatkan konsentrasi mental serta bisa mengurangi peradangan tubuh.

4. Bayam
Siapa yang tidak mengenal sayuran hijau ini. Bayam sejak dulu dikenal dengan beragam kandungan nutrisi yang menyehatkan. Sayuran ini banyak mengandung vitamin, antioksidan serta mineral. Selain kaya akan antioksidan, bayam juga banyak mengandung vitamin A, B2, C dan K. Kandungan lain di dalamnya yaitu magnesium, mangan, zat besi, folat, kalsium serta potasium. Dengan beragam nutrisi seperti itu, menjadikan sayuran ini wajib anda tambahkan dalam menu sehat anda. (baca juga : 5 manfaat mengagumkan bayam bagi kesehatan)

5. Bawang putih
Zat aktif yang disebut aicin dalam bawang putih bisa mempertahankan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu bumbu dapur ini juga mengandung kalsium serta vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh serta bisa membuat tulang sehat.

Itulah 5 makanan kaya nutrisi yang penting untuk kesehatan yang sebaiknya anda konsumsi. Jangan ragu untuk menambahkan semua makanan ini dalam menu sehat harian anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus