7 Tips Mudah Untuk Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan suatu penyakit yang sangat dihindari oleh semua wanita di dunia. Penyakit yang satu ini membutuhkan proses penyembuhan yang terbilang sulit serta memerlukan biaya mahal. Sudah banyak wanita yang menjadi korban penyakit kanker payudara ini, bahkan sudah tercatat bahwa jumlah angka kematian karena penyakit ini mencapai 40.000 ribu jiwa di seluruh dunia hanya dalam waktu setahun saja.

Tips Mudah Untuk Cegah Kanker Payudara

Tentu anda tidak ingin terkena penyakit ini, bukan? Karena itulah, terapkan pola hidup sehat dari sekarang. Nah, seperti yang dilansir fredhuch.com, berikut dibawah ini adalah beberapa tips untuk cegah kanker payudara yang dapat anda lakukan :

1. Konsumsi makanan sehat
Sebuah logika sederhana, jika anda ingin sehat maka konsumsilah makanan sehat. Ya, makanan yang anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan anda. Karena itulah, pilihlah makanan yang kaya sayur dan buah. Kurangi konsumsi gula, karbohidrat olahan serta makanan berlemak. Perbanyaklah konsumsi protein tanpa lemak seperti ikan, daging merah segar, serta makanan yang mengandung vitamin. Anda tidak hanya akan terhindar dari kanker payudara, tetapi anda juga akan sehat secara keseluruhan.

2. Jangan merokok
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa merokok, terutama jika dilakukan dalam jangka panjang bisa meningkatkan resiko kanker payudara pada sejumlah wanita.

3. Jaga berat badan
Perlu anda ketahui, obesitas atau kegemukan juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Karena itulah, selalu jaga berat badan anda jangan sampai kegemukan. 

4. Menyusui
Itulah kenapa sangat disarankan untuk menyusui bayi yang baru lahir. Selain bisa memberi asupan pada bayi, menyusui setidaknya selama satu tahun bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara.

5. Jangan konsumsi minuman beralkohol
Minum minuman beralkohol apalgi jika samapi berlebihan juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Jadi untuk menghindari penyakit ini, lebih baik anda menghindari minuman yang bisa memabukkan ini.

6. Rajin berolahraga
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sering melakukan aktifitas fisik bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara setidaknya sekitar 10 sampai 30 persen. Jadi, luangkanlah waktu anda untuk melakukan olahraga ringan seperti lari pelan atau pun yang lainnya 30 menit saja selama beberapa kali dalam seminggu.

7. Lakukan pengecekan teratur
Untuk memastikan apakah anda bebas dari kanker payudara, cobalah lakukan pemeriksaan secara teratur pada dokter ahlinya. 

Baca juga :
  1. Wow, bawang putih ternyata bisa cegah kanker payudara
  2. 3 bahan kimia penyebab kanker payudara
Itulah 7 tips untuk cegah kanker payudara yang dapat anda lakukan. Jadi, ladies? ingin terhindar dari penyakit ini, terapkan pola hidup sehat dari sekarang. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi