6 Bahan Alami Ampuh Untuk Mengobati Batuk

Selain demam dan flu, salah satu penyakit yang kerap muncul di musim penghujan seperti sekarang ini adalah batuk. Penyakit ini sangatlah mengganggu, apalagi jika disertai dengan dahak dan rasa gatal pada tenggorokan. Jika tidak segera diobati, tentu akan mengganggu aktifitas anda.

Untuk mengobati penyakit ini, anda bisa menggunakan berbagai macam obat - obatan yang banyak dijual dipasaran. Atau jika tidak, anda juga bisa menggunakanan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah, seperti berikut ini :

Bahan Alami Ampuh Untuk Mengobati Batuk

1. Makanan pedas
Anda penggemar makanan pedas? Saat anda batuk kemudian mengonsumsi makanan pedas seperti ini akan membantu anda dalam meredakan batuk serta mengencerkan dahak sehingga bisa membuat saluran pernafasan menjadi lebih lega.

2. Akar licorice
licorice mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Di indonesia, licorice dikenal sebagai tanaman akar manis yang merupakan tanaman sejenis polong - polongan yang berasal dari eropa selatan dan beberapa bagian wilayah asia. Akar licorice ini bisa membantu menghilangkan dahak dan menyembuhkan radang tenggorokan anda. Caranya pun sangat mudah, Tambahkan dua sendok makan akar licorice kering dalam air panas, kemudian minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

3. Susu dan bubuk kayu manis
Campuran segelas susu dengan bubuk kayu manis mampu melawan bakteri penyebab batuk serta bisa mengurangi dahak pada tenggorokan anda.

4. Uap minyak kayu putih
Saat anda batuk, cobalah uapi saluran pernafasan anda dengan uap minyak kayu putih. Hal ini bisa membantu mengurangi batuk serta mempu mengencerkan dahak pada tenggorokan.

5. Jahe
Tambahkan jahe dalam minuman teh hangat anda. Selain bisa mengobatai pilek, bahan alami di dalamnya mampu mengurangi batuk yang anda derita.

6. Thyme
Thyme merupakan tanaman yang memiliki manfaat universal.Tanaman yang banyak tumbuh di eropa, afrika utara serta asia ini sangat cocok dijadikan teh. Sifat anti microba didalamnya mampu mengendurkan dan melegakan otot tenggorokan. Untuk mengobatai batuk, rebuslah segenggam thyme segar dalam air panas selama 10 menit kemudian minum secara teratur 3 kali sehari.

Itulah 6 bahan alami yang ampuh untuk obati batuk. Semua bahan tersebut selain mudah ditemukan juga tidak akan memberi efek apapun ketika anda konsumsi. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus