Inilah 4 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan

Tahukah anda petai cina? Pernahkah anda mengonsumsinya? Petai cina tentu berbeda dengan petai pada umumnya. Jenis petai yang satu ini juga dikenal sebagai lamtoro. Jika menilik dari namanya, anda mungkin akan beranggapan bahwa petai ini berasal dari negara cina, padahal tanaman ini berasal dari amerika tropis. Di indonesia sendiri, pohon petai cina sangat mudah dijumpai dan digunakan sebagai lahan penghijauan atau pencegah erosi.

Selain bisa dikonsumsi sebagai sayuran, petai cina juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan petai yang satu ini banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. bahkan di beberapa negara, petai cina dijadikan salah satu tanaman obat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 


Seperti yang dilansir www.stylecarze.com, berikut dibawah ini adalah 4 manfaat petai cina bagi kesehatan anda :

1. Sebagai anti kanker
Selain bisa dikonsumsi sebagai sayuran, petai cina juga mempunyai manfaat sebagai anti kanker. Ekstrak biji dari petai yang satu ini sangat bagus untuk menangkal radikal bebas sehingga bisa mengurangi resiko serangan penyakit kanker.

2. Menjaga kesehatan kulit
Tidak hanya bijinya saja, bahkan daun petai cina juga bagus untuk kecantikan terutama untuk perawatan kulit. Kandungan enzim alami pada daun petai cina  bisa memicu pembentukan kolagen dala sel kulit sehingga kulit bisa terhindar dari masalah kusam, kering bahkan keriput sekalipun. Bagusnya lagi, ekstrak daun petai cina ini juga bisa digunakan sebagai toner melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit. Toner itu sendiri juga bermanfaat untuk mengurangi minyak pada kulit anda.

3. Bisa menghilangkan nyeri
Manfaat petai cina bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai analgesik atau penghilang rasa nyeri. kandungan pada kulit petai cina bisa anda gunakan untuk menghilangkan rasa nyeri. Bahkan, di banyak negara, kulit pohon petai cina dikerat dan dihaluskan agar bisa diminum untuk menghilangkan nyeri otot atau untuk mengatasi kram saat menstruasi. Sayang di indonesia sendiri, masih jarang orang yang memanfaatkan kulit pohon dari tanaman petai cina ini.

4. Mengatasi masalah cacingan
Kandungan senyawa yang terdapat dalam petai cina bisa membunuh cacing di dalam perut. Jika anda mempunyai masalah cacingan, mengonsumsi sayuran yang satu ini sangatlah tepat. Di negara cina, pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit cacingan banyak memanfaatkan biji petai cina ini terutama yang masih mentah. Cacing gelang atau cacing cincin yang bersemayam dalam perut akan keluar dengan mudah dari tubuh.

Itulah 4 manfaat petai cina bagi kesehatan. Ternyata dari bentuknya yang sangat sederhana tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, bagaimana? Anda tertarik menjadikan petai ini sebagai menu sayuran sehat anda? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi