7 Makanan Yang Mampu Sehatkan Persendian

Seiring dengan bertambahnya usia, biasanya akan diikuti dengan menurunnya kesehatan persendian anda. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan menimbulkan masalah seperti nyeri sendi dan arthritis. Bahkan jika anda sampai terserang arthritis, itu tidak hanya mempengaruhi sendi saja tetapi juga seluruh tubuh seperti otot dan tendon sehingga bisa menyebabkan rasa sakit melalui seluruh tubuh.

Makanan Yang Mampu Sehatkan Persendian

Tahukah anda, masalah persendian ternyata bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa makanan yang tepat. Seperti yang dilansir healthmeup.com, berikut dibawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya anda konsumsi untuk menyehatkan masalah persendian serta bisa mengatasi masalah sendi :

1. Apel
Apel banyak mengandung kolagen yang merupakan komponen vital bagi persendian. Bahkan makan apel satu buah saja setiap harinya bisa mencegah arthritis. Kandungan antioksidan (quercetin) didalamnya bisa membentuk kolagen dan bisa mencegah kerusakan pada persendian.

2. Kacang almond
Makanan yang mengandung vitamin E dan antioksidan seperti kacang almond bisa membantu mencegah kerusakan dan radikal bebas yang juga bisa menyebabkan kerusakan pada persendian. Antioksidan tersebut berfungsi melindungi membran luar sel persendian dari kerusakan.

3. Teh hijau
Teh yang satu ini selain bagus untuk diet ternyata juga  bermanfaat untuk menyehatkan persendian. Hal ini dikarenakan teh hijau banyak mengandung polyphenol, yaitu sebuah antioksidan yang mampu menjaga kesehatan sendi. Bahkan antioksidan EGCG di dalamnya juga penting untuk meredakan rasa sakit akibat arthritis dan mencegah kerusakan molekul pada sendi.

4. Jahe
Salah satu rempah - rempah dapur ini sejak dahulu sudah sering digunakan untuk meredakan nyeri sendi, pembengkakan maupun peradangan. Kandungan zat gingerol di dalamnya membuat salah satu bumbu dapur ini mampu mencegah peradangan.

5. Ikan salmon
Kandungan vitamin dan omega-3 yang tinggi pada ikan salmon mampu mencegah peradangan pada persendian. Selain ikan salmon, mengonsumsi ikan tuna dan makarel yang  juga kaya akan zat omega-3, juga bisa menjaga kesehatan persendian anda.

6. Buah pepaya
Orang yang kekurangan vitamin C memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami masalah persendian. Nah,pepaya juga merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin C, bahkan ada yang beranggapan bahwa kandungan vitamin C di dalam buah ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk. Selain itu, kandungan beta karoten di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan persendian.

Sayuran yang satu ini juga banyak mengandung kalsium dan nutrisi yang penting untuk kesehatan persendian. Selain itu, kandungan sulforaphane di dalamnya juga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Itulah 7 makanan yang bisa mengatasi masalah sendi serta untuk menyehatkan persendian anda.Dengan mengonsumsi semua makanan tersbut, anda akan terbebas dari masalah sendi seperti itu. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus